Sabtu, 06 Desember 2014

Cara Mengganti Older / Newer Post dengan Angka

Cara Mengganti Older / Newer Post dengan Angka – Anda mungkin sudah akrab dengan tulisan Older Post (Posting Lama) ataupun Newer Post (Posting Baru) yang ada pada bagian footer blog. Secara default, template bawaan Blogger akan menampilkan link tersebut, dan tentu saja link tersebut bertujuan untuk navigasi dalam blog. Memang, seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, tulisan Older Post / Newer Post ini dapat diganti dengan tulisan / gambar sesuai dengan keinginan Anda (pernah saya bahas dalam posting sebelumnya).

Walaupun dapat diganti (sehingga terlihat menjadi lebih keren), sistem older / newer post ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya mempersulit visitor / pengunjung jika ingin pergi ke halaman tertentu. Tentu tidak menyenangkan jika Anda harus meng-klik link Older Post berkali – kali hanya untuk melihat posting yang pertama kali ditulis bukan? Solusinya, Anda dapat menggunakan angka, seperti yang digunakan pada blog berbasis WordPress, seperti gambar berikut :


perivew widget angka - angka yang digunakan untuk mengganti tulisan older / newer post (Posting lama / Posting baru) (Gambar tidak terlihat? Klik kanan pada tulisan ini, lalu klik 'Reload Image'

Jika Anda ingin mengganti older / newer post (posting lama dan posting baru) dengan angka, silahkan ikuti langkah – langkah berikut :

  1. Seperti biasa, login ke Blogger.com, lalu masuk ke Template
  2. Backup terlebih dahulu template blog Anda, lalu klik Edit HTML
  3. Cari kode ]]></b:skin> (gunakan CTRL + F, atau lihat caranya disini), dan pastekan script berikut sebelumnya / diatasnya.
  4. .showpageArea a {text-decoration:underline;}.showpageNum a {text-decoration:none;border: 1px solid #cccccc;margin:0 3px;padding:3px;}.showpageNum a:hover {border: 1px solid #cccccc;background-color:#cccccc;}.showpagePoint {color:#333;text-decoration:none;border: 1px solid #cccccc;background: #cccccc;margin:0 3px;padding:3px;}.showpageOf {text-decoration:none;padding:3px;margin: 0 3px 0 0;}.showpage a {text-decoration:none;border: 1px solid #cccccc;padding:3px;}.showpage a:hover {text-decoration:none;}.showpageNum a:link,.showpage a:link {text-decoration:none;color:#333333;}
    1. Lanjutkan dengan mencari kode </body> (gunakan CTRL+F, atau lihat caranya disini), lalu pastekan script berikut sebelum / diatasnya.
    <!--Page Navigation Starts--> 
    <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'><b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'><script type='text/javascript'>
    var pageCount=5;
    var displayPageNum=5;
    var upPageWord =&#39;Previous&#39;;
    var downPageWord =&#39;Next&#39;;
    </script>
    <script src='http://bloggergadgets.googlecode.com/files/blogger_pagenavi_min.js' type='text/javascript'/>
    </b:if> </b:if> 
    <!--Page Navigation Ends -->
    Keterangan :
    var pageCount=5; -> Angka 5 menunjukkan jumlah nomor yang akan ditampilkan pada footer blog. Gantilah sesuai dengan keinginan Anda.
    var displayPageNum=5; -> Angka 5 menunjukkan jumlah posting blog yang akan ditampilkan saat salah satu deretan angka di-klik. Gantilah sesuai dengan keinginan Anda.

    1. Terakhir, klik Simpan Template untuk menyimpan perubahan.

    Angka – angka penunjuk posting ini akan muncul pada bagian bawah blog. Bagaimana, mudah bukan? Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong share artikel ini di media sosial (atau ke Lintas.me). Selamat mencoba, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

1 komentar:

  1. bagus min... herannya, kok blognya sendiri ndak pakai.. hhe
    kunjungi blos saya... dii http://forumdakwahmuslim.blogspot.com

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs