Sabtu, 28 Desember 2013

Cara Mudah Membuat Tabel di Blog (Tanpa HTML!)

Ilustrasi tabel HTML - (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
Cara Mudah Membuat Tabel di Blog (Tanpa HTML!) - Beberapa waktu yang lalu saya sempat membagikan tips mengenai cara membuat tabel di blog dengan kode HTML. Tetapi, beberapa pembaca blog ini mengatakan cara yang saya paparkan tersebut cukup susah dan sulit dimengerti untuk mereka yang tak mengerti bahasa HTML. Setelah mencari kesana kemari, akhirnya saya menemukan cara untuk membuat tabel di blog tanpa harus pusing – pusing menulis kode HTML. Yang Anda perlukan hanyalah browser dan koneksi internet (untuk cara pertama). Untuk cara kedua, Anda memerlukan software Office.

Oke. To the point. Berikut ini 2 cara membuat tabel di blog tanpa perlu menulis kode HTML.

Cara Pertama.
Dalam cara pertama ini akan dibahas cara membuat tabel HTML kosong (tanpa konten). Jika Anda telah membuat tabel di Word, Excel atau aplikasi Office lainnya, dan ingin memasangnya di blog, silahkan ikuti cara kedua untuk mengubah tabel tersebut menjadi tabel HTML
1.     Masuk ke sini http://tinyurl.com/cawgp4. (Karena terlalu panjang, alamat tersebut sudah saya pendekkan sebelumnya. Klik disini untuk mengetahui cara memendekkan url atau alamat website).
2.     Dihalaman website tersebut, Anda sudah dapat mulai membuat tabel Anda. Terdapat beberapa pengaturan yang dapat Anda gunakan dalam membuat tabel. Secara garis besar, terdapat 2 pengaturan. Yang pertama adalah pengaturan Table (berisikan pengaturan dasar tabel) dan Border (berisikan pengaturan garis pinggir tabel). Gantilah pengaturan tersebut sesuai dengan tabel yang ingin Anda buat. Contoh pengaturannya dapat Anda lihat pada gambar dibawah.
Contoh pengaturan dalam membuat tabel HTML di blog - (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
Catatan Tambahan :
Cellspacing  : Pengaturan jarak antar sel (antara sel satu dengan sel lainnya)
Cellpadding : Pengaturan jarak konten atau tulisan dalam tabel dengan garis batas tabel.
3.     Terakhir, klik tombol Generate Table.
4.     Anda dapat melihat preview dari tabel yang telah dibuat pada bagian Result : . Dibawahnya terdapat kotak yang bertuliskan Code : Kode itulah yang nantinya Anda pasang di blog Anda untuk menampilkan tabel. Untuk mengedit kontennya, ganti tulisan Table Cell dengan tulisan yang Anda inginkan.
Keterangan lebih lengkap mengenai cara mengedit tabel, klik disini. Lihat ke bagian akhir posting ini untuk mengetahui cara memasukkan tabel ke posting blog. Berikut ini preview tabel yang saya buat dengan cara pertama :
Judul Post Kategori / Tag
Cara Memindahkan Judul Posting Kedepan Nama Blog SEO Blog
Cara Memasang Gambar di Sebelah Judul Post Blog Tips Trik Blogging
Cara Agar Blog Di-Index Mesin Pencari SEO Blog

Cara Kedua.
Di cara kedua ini, saya akan membahas cara membuat tabel HTML dari data yang sudah Anda buat dalam software Office (semacam Microsoft Excel, Open Office Calc, Gnumeric, Microsoft Word, dll).
1.    Buka data yang telah Anda buat, kemudian blok dan copy.
2.    Masuk ke TABLEIZER!
3.    Pada kotak yang telah disediakan, pastekan data yang telah Anda buat di software Office (lihat gambar).

Untuk cara kedua, salin data yang Anda miliki ke kotak yang tersedia untuk membuat tabel HTML - (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
4.    Atur pengaturan tabel HTML yang disediakan.
Catatan :
Font Size : Mengatur ukuran huruf dalam tabel.
Header color : Mengatur warna header atau baris pertama tabel.
Font : Mengatur jenis huruf yang digunakan dalam tabel.
No CSS Style : Pilihan agar dalam tabel tidak menggunakan desain dengan CSS. Jadi 4 pengaturan diatas akan diabaikan.
5.    Jika dirasa telah cukup, klik tombol Tableize It!
6.    Anda akan dibawa ke laman yang berisikan kode dan preview tabel HTML Anda. Copy kode HTML tersebut, dan taruh di blog Anda untuk memasang tabel HTML tersebut. Berikut ini preview tabel HTML yang dihasilkan dari cara kedua ini :

NoJudul PostingKategori
1Cara / Trik Membuat Meta Tag yang Bagus! SEO Blog
2Cara Memasang Efek Gelembung pada Pointer di BloggerTips Trik Blogging
3Cara Mudah Memasang Animasi Hujan Uang di BlogTips Trik Blogging

Jika Anda ingin memasang table HTML tersebut dalam posting blog, ikuti langkah – langkah berikut :
1.     Buka Blogger, dan buatlah sebuah post seperti biasa (klik tombol yang berlogo pensil)
2.     Dalam jendela Buat Entri, klik tombol HTML di pojok kiri atas (disebelah tombol Compose).
3.     Pastekan kode table HTML yang telah Anda dapatkan, lalu klik Publikasikan untuk mempublikasikan posting Anda.
Bagaimana? Selamat mencoba! Tolong share dan berikan Google +1 jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs