Selasa, 25 Desember 2012

Tips Membuat Meta Tag


tips membuat meta tag, meta tag
Tips Membuat Meta Tag – Kemarin saya sudah memposting artikel bagaimana cara mengecek kualitas meta tag yang terpasang di blog Anda. Saya ucapkan selamat jika blog Anda memiliki meta tag yang bagus. Namun, jika hasil tes meta tag tersebut memberikan hasil yang buruk, ada baiknya Anda menulis ulang meta tag blog Anda (atau setidaknya memperbaikinya). Jika Anda berniat untuk menulis ulang meta tag blog Anda, ada baiknya Anda membaca tips membuat meta tag dibawah ini :
Bagian Description (<meta name="description” content="…"/>)
  1. Sedapat mungkin, jangan hanya menempatkan tumpukan kata kunci pada meta tag bagian description. Mengapa? Karena bagian inilah yang akan menjadi deskripsi blog Anda di mesin pencari. Gunakan kalimat, dan sisipkan kata kunci blog Anda didalamnya.
  2. Usahakan untuk menggunakan kalimat yang pendek (sekitar 160 karakter), tetapi jelas dan tentunya mengandung kata kunci Anda. Jika Anda memasukkan kalimat yang panjang (lebih dari 160 karakter) kedalam meta tag blog Anda, deskripsi tersebut akan terpotong saat ditampilkan di hasil pencarian Google
  3. Jangan terlalu sering mengganti meta tag bagian description ini. Hal ini diakibatkan oleh lambatnya crawler Google dalam merevisi perubahan meta tag.
  4. Jangan sampai Anda salah menulis kata dalam menulis meta tag description ini.
  5. Cobalah untuk membiarkan meta tag description ini kosong. Sebab, jika blog Anda tidak memiliki meta tag description, maka Google (atau mesin pencari lainnya) akan membuat meta tag description sendiri. Namun, untuk blog Tips SEO + Blog – PC 123 ini, saya tetap mengisinya.
Harap diingat, meta tag description ini akan membantu blog Anda dalam hal SERP (Search Engine Result Page), dimana semakin bagus meta tag description blog Anda, maka kemungkinan besar blog Anda akan tampil di urutan teratas pencarian. Tetapi ingat! Jangan lupakan konten blog Anda!
Bagian Keyword (<meta name="keywords” content="…"/>)
1.       Jangan tempatkan terlalu banyak kata kunci dalam meta tag bagian keywords ini. Jika Google mengetahuinya, kemungkinan blog Anda akan di banned oleh Google karena dianggap sebagai spam. Usahakan jaga kata kunci dalam meta tag blg Anda
2.       Gunakan kata – kata yang mudah diingat orang, sering dicari serta dianggap umum oleh masyarakat. Hindari penggunaan merk atau brand yang kurang dikenal atau baru, kecuali Anda yakin banyak yang mencarinya.
3.       Jangan terlalu sering mengulang kata kunci. Sama seperti poin pertama, kemungkinan blog Anda akan di-banned oleh Google apabila Anda melakukan pengulangan kata kunci terlalu sering pada meta tag.
4.       Gunakan sinonim kata kunci blog Anda. Misalnya kata kunci meta tag blog Anda komputer, maka Anda bisa menambahkan kata laptop, pc, desktop, dan sebagainya.
5.       Tips terakhir, Anda bisa mengosongkan isian meta tag keyword ini, karena beredar kabar bahwa Google sudah tidak menggunakan meta tag keyword lagi. Namun, untuk amannya, sebaiknya Anda mengisi isian meta tag keyword ini.
Intinya, tulislah meta tag Anda sebaik – baiknya. Jangan sampai ada kesalahan, dan pikirkan baik - baik sebelumnya. Sedikit tambahan trik, Anda bisa ‘mencontek’ meta tag blog orang lain, yang telah sukses, dan tirulah bagaimana blog tersebut menulis meta tag, sehingga bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blognya. Namun ingat, jangan melupakan kualitas dan isi blog Anda. Jangan hanya membuat meta tag yang bagus, tetapi buatlah konten / posting yang berkualitas juga.
Selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar!
Salam Blogger

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

4 komentar:

  1. Info yang bagus gan...templatenya jg oke...
    nanya dikit gan...untuk memasukkan karakter pipe sebagai pemisah judul dalam blog kita gimana gan?
    ( pada keyboard tombol yang mana....) maklum gan...masih baru nihhh belajarnya...
    Tolong bales ya gan...trims nih

    jawabnya di sini aja...
    usahasampinganmodalkecil.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Akhmad : Untuk keyboard pc, biasanya terletak diatas tombol Enter, disebelah kiri backspace. Umumnya tombol pipe digabung dengan tombol \, dan untuk menggunakannya, tekan tombol Shift, lalu \. Trims atas komentar beserta kunjungannya... :)

      Hapus
  2. terimakasih banyak sob buat tutorialnya, sangat membantu...

    BalasHapus
  3. terimakasih sob tutorialnya, sangat membantu sekali...

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!