Senin, 13 Mei 2013

4 Cara Unik Tingkatkan Kecepatan Loading Blog

4 Cara Unik Tingkatkan Kecepatan Loading Blog, yang akan membuat blog Anda menjadi seringan bulu dan dapat di-load dalam waktu 10 detik!

4 Cara Unik Tingkatkan Kecepatan Loading Blog – Siapa yang tidak senang apabila blognya dapat di-load dalam waktu kurang dari 10 detik? Semua blogger pasti menginginkan blog yang ringan dan memiliki waktu loading yang cepat. Selain dapat mencegah pengunjung pergi dari blog Anda (karena malas menunggu loading blog yang tidak kunjung selesai), blog dengan waktu loading yang cepat dapat memberikan nilai tambah yang cukup signifikan terhadap SEO blog. Baik itu terhadap Alexa Rank, Page Rank, jumlah visitor maupun SERP (Search Engine Result Page, posisi blog Anda di hasil pencarian mesin pencari).

Namun, adakalanya blogger terlalu ‘keasyikan’ bermain desain blog, sehingga melupakan kecepatan / waktu loading blog, sehingga akhirnya loading blog menjadi lambat, dan berimbas buruk terhadap SEO. Untuk itulah, bagi Anda yang merasa ukuran blog Anda cukup ‘gemuk’ (terlalu besar), sehingga kecepatan loading blog Anda melambat, 4 tips unik dibawah ini layak untuk dicoba. Sebelumnya, ukurlah ukuran blog Anda untuk membandingkan ukuran blog Anda saat sebelum dan sesudah melakukan 4 cara meningatkan kecepatan loading blog dibawah ini.
Inilah 4 Cara Unik Tingkatkan Kecepatan Loading Blog :
1.   Taruh Widget pada Bagian Footer Blog
Cara ini cukup membantu apabila Anda ingin waktu loading blog Anda menjadi lebih cepat, namun tidak ingin merusak desain blog yang telah Anda bangun. Gunakan hanya widget – widget blog yang dianggap perlu (terutama untuk SEO blog), semisal Recent Post. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan widget blog bawaan Blogger. Coba juga untuk mengurangi widget berbasiskan Flash (seperti music player ataupun Youtube player), karena widget flash terkenal cukup berat dan memiliki ukuran yang besar.
2.   Kurangi Iklan
Sah – sah saja jika Anda memasang iklan di blog Anda. Hanya saja, jika Anda terlalu banyak memasang iklan, iklan tersebut akan berimbas terhadap lamanya kecepatan loading blog Anda. Solusinya, Anda bisa mengganti iklan di blog Anda dengan iklan teks. Hindari juga iklan flash, karena iklan flash memiliki ukuran yang lebih besar daripada iklan teks ataupun iklan gambar (banner).
CSS (Cascading Sheet Style) merupakan suatu kode yang berfungsi untuk memperindah dan memberikan efek tertentu pada blog. Karena letak kode CSS ini di bagian atas blog, CSS berpotensi membuat waktu loading blog menjadi lebih lama. Mengapa? Kode CSS blog (yang terletak diatas/awal blog) merupakan kode pertama yang akan dibaca browser, sehingga jika ukuran kode CSS cukup besar, browser akan berusaha untuk menyelesaikan pembacaan kode CSS, kemudian baru berlanjut ke postingan dan widget lainnya. Akhirnya, kecepatan loading blog pun melambat, dan pengunjung harus menunggu lebih lama untuk melihat artikel yang dibutuhkan.
Jalan keluarnya, cobalah untuk mengkompres kode CSS blog Anda. Untuk melakukannya, bacalah tutorial cara mengkompres CSS blog yang pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu.
4.   Gunakan Template Ringan
Jika setelah melakukan 3 cara diatas blog Anda masih terasa ‘lola’ (loading lama), silahkan coba cara terakhir ini. Gantilah template blog Anda menjadi template yang lebih ringan (dan jika bisa SEO Friendly). Anda dapat mencari dan mendownload template khusus blogger disini.
Setelah menerapkan 4 cara unik tingkatkan kecepatan loading blog diatas, cobalah untuk mengukur ukuran blog Anda, dan bandingkan dengan ukuran blog Anda sebelumnya. Rasakan penambahan kecepatan loading blog Anda, dan katakan selamat tinggal kepada blog ‘lola’ (loading lama)!
Ada yang punya cara atau pendapat lain? Selamat mencoba!
Salam Blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!