Rabu, 15 Mei 2013

Cara Membuat Daftar Recent Post di Blogger

Cara Membuat Daftar Recent Post di Blogger – Daftar recent post (artikel terbaru) sangat penting untuk ‘dipajang’ pada sidebar blogger. Tujuannya, tentu saja untuk mencegah pengunjung blog pergi begitu saja setelah membaca artikel yang diperlukannya (bounce). Dan tentu saja perginya pengunjung / visitor dapat memberikan dampak yang buruk terhadap kualitas SEO Blog. Jadi, tujuan utama pemasangan daftar recent post ini adalah membuat pengunjung betah di blog kita.
Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Preview daftar recent post yang telah dipasang di blog dengan platform Blogger
Gambar diatas merupakan preview dari daftar recent post/artikel terbaru yang akan kita buat. Langkah – langkah membuat daftar recent post/artikel baru ini cukup mudah. Anda tidak perlu mengutak – atik kode HTML template blog Anda. Cukup dengan menggunakan widget bawaan dari blogger, dan Anda akan memiliki sebuah daftar recent post pada blog Anda.

Inilah cara membuat daftar recent post di Blogger

1.     Login ke akun blogger Anda, lalu klik Tata Letak

Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Bukalah blog Anda, lalu klik Tata Letak, yang terdapat pada bagian kiri (sidebar) blogger.
2.     Klik Tambahkan Gadget pada bagian sidebar kanan/kiri blog (sesuaikan dengan keinginan).
Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Klik Tambahkan Gadget pada sidebar kiri atau kanan. Sesuaikan dengan keinginan Anda. Apabila Anda memilih sidebar kanan, maka daftar recent post akan tampil di sidebar kanan blog.
3.     Pilih Feed.
Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Carilah pilihan Feed pada window Tambahkan Gadget yang terlihat. Setelah ketemu, kliklah, dan lanjutkan ke step selanjutnya.
4.     Masukkan alamat blog Anda pada kotak Url Feed : dan tambahkan /feeds/posts/default dibelakang url blog Anda. Contoh :
http://xxpc123xx.blogspot.com/feeds/posts/default
Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Masukkan url blog Anda (yang telah ditambahkan /feeds/posts/default)  untuk melanjutkan. Jika Anda memiliki url RSS Feed, Anda juga boleh menggunakannya.
5.     Lalu, klik Lanjutkan.
6.     Pada laman kedua ini, pilihlah desain daftar recent post yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah judul daftar recent post/artikel terbaru (misalnya menjadi Artikel Terbaru atau Coretan Ter-Update), jumlah posting yang ditampilkan dan sebagainya.

7.     Terakhir, klik Simpan.
8.     Kembali ke Tata Letak, klik Pratinjau  untuk melihat hasilnya. Anda dapat mengubah letak daftar recent post ini, dengan cara men-drag daftar recent post/artikel terbaru ke tempat yang diinginkan, lalu drop pada tempat yang diinginkan.Terakhir, klik Simpan setelan untuk menyimpan hasil perubahan.
Cara Membuat / Memasang Daftar Recent Post / Artikel Terbaru di Blogger - Klik Pratinjau untuk melihat hasil pemasangan daftar recent post di blog Anda. Anda dapat mengubah posisi daftar recent post dengan cara menggesernya. Selamat Mencoba!

Selamat mencoba membuat daftar recent post di blogger! Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, atau ada yang punya cara lain untuk membuat daftar recent post di blogger?
Salam Blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

7 komentar:

  1. Balasan
    1. @Saling Indonesia : Oke, sama - sama... Trims atas kunjungan dan komentarnya... :)

      Hapus
  2. sudah terpasang dangen cara di atas...terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasi atas Infonya. Info dari Anda sangat bermanfa'at buat Blog saya. salam sukses untuk Anda dan para sahabat Blogger.

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs