Jumat, 10 Mei 2013

Cara Mempercepat Loading Blog dengan CSS Compressor

Mempercepat Loading Blog dengan CSS Compressor
Cara MempercepatLoading Blog dengan CSS Compressor – Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas cara mengukur ukuran blog. Apakah ukuran blog Anda terlalu besar, sehingga loading blog Anda menjadi lambat? Jika iya, Anda boleh mencoba tips yang satu ini. Yap, kali ini saya akan membahas bagaimana cara mempercepat loading blog dengan CSS compressor.
Sedikit informasi, CSS merupakan singkatan dari Cascading Sheet Style. CSS inilah yang umumnya digunakan untuk memperindah blog. Sayangnya, terlalu banyak kode CSS dalam blog dapat menyebabkan loading blog menjadi lambat. Karena itulah, sebaiknya kode CSS di compress untuk mempercepat loading blog. Jika waktu loading blog lama, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan batal mengunjungi suatu blog, karena blog yang diinginkan tidak muncul – muncul. Kualitas SEO blog akan menurun, dan tentu saja akan dibarengi dengan penurunan jumlah visitor blog.
Sebelum mulai meng-compress CSS blog, ada baiknya Anda mengukur ukuran blog Anda untuk membandingkan ukurannya sebelum dengan sesudah dikompres. Menurut pengalaman saya, dengan meng-compress CSS blog, ukuran blog akan mengecil sekitar 10 sampai 20 Kilobyte. Pengurangan ukuran blog ini tentu akan berdampak pada peningkatan kecepatan loading blog.
Cara Mempercepat Loading Blog dengan CSS Compressor :
1.   Buka situs CSS Compressor
2.   Sementara itu, buka akun Blogger Anda (pada tab/window baru), dan pilih menu Template
3.   Buatlah sebuah backup (cadangan) dari template blog Anda, lalu klik menu Edit HMTL.
4.   Carilah kode CSS satu persatu (klik pada kode HTML, lalu tekan ctrl + f). Kode CSS biasanya terletak diantara <b:skin><![CDATA[ dan ]]><</b:skin>. Salin kode CSS satu persatu (blok kode CSS, lalu klik kanan ->Copy). Untuk Anda yang masih bingung menentukan kode CSS berikut ini contoh kode CSS :
a:hover {
color:#FFFFFF;
text-decoration: underline;
}
5.   Pindah ke situs CSS Compressor, pastekan kode CSS yang telah di-copy tadi pada kotak yang disediakan (Insert CSS Code). Lakukan perubahan seperti dibawah ini :
-         Compression Mode : pilih Super Compact.
-         Comments Handling : pilih Strips ALL Comments.
6.   Klik Compress-it!
7.   Akan muncul sebuah halaman dengan kode CSS yang telah di compress. Salin kode tersebut. Contoh kode CSS yang telah di-compress dengan CSS Compressor :
a:hover{color:#FFF;text-decoration:underline}
8.   Kembali ke blog Anda, gantilah/hapus kode CSS sebelumnya dengan kode CSS yang telah di compress. Contoh :
Kode CSS Awal :
a:hover {
color:#FFFFFF;
text-decoration: underline;
}
Setelah diganti, maka akan menjadi :
a:hover{color:#FFF;text-decoration:underline}
9.   Ulangi langkah dari No. 4 sampai No. 8, sampai semua kode CSS blog selesai di compress.
10. Lihat preview-nya dahulu dengan meng-klik tombol Pratinjau. Apabila dirasa memuaskan, silahkan simpan template Anda dengan mengklik tombol Simpan Template.
Bagaimana? Selamat mencoba Mempercepat Loading Blog dengan CSS Compressor! Jangan lupa untuk meninggalkan komentar!
Salam Blogger !

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

5 komentar:

  1. makasih mas, sudah saya coba dan berhasil

    BalasHapus
  2. @Ficri Pebriana : Oke gan. Trims atas kunjungan dan komentarnya! :)

    BalasHapus
  3. thx.. mampir ke blog saya.. http://zhemwelelanor.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Zhemwel Elanor : Oke gan! Trims atas kunjungan dan komentarnya... :)

      Hapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!