Kamis, 31 Oktober 2013

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan dan Blok Teks di Blog

blog, blogger, ilustrasi klik kanan, cara mematikan script klik kanan di blog

Cara Mematikan Fungsi Klik Kanan dan Blok Teks di Blog – Penahkah Anda merasa kesal karena konten blog Anda dibajak oleh orang lain, dan orang tersebut tidak memberikan backlink kepada Anda? Mungkin postingan saya kali ini adalah jawaban dari kekesalan Anda. Dimana, kali ini saya akan membagikan script yang mematikan fungsi klik kanan, CTRL + U (View Page Source, untuk melihat source code HTML), CTRL + C (Copy), CTRL + A (Select All), dan blok teks.

Tetapi, harap diingat. Script ini tidak dapat benar – benar melindung blog Anda dari tindakan copy paste. Masih ada jalan untuk seorang pembajak professional untuk men-copy artikel di blog Anda. Satu lagi, Anda tidak disarankan untuk memasang script ini pada blog yang kontennya diperuntukkan untuk di copy (semisal script pada halaman ini), karena akan membuat pengunjung kebingungan, hehehe… Selain menggunakan teknik ini, Anda juga dapat menggunakan trik menambahkan link sumber pada teks yang dicopy secara otomatis dan memasang kotak permalink untuk mencegah tindakan copy paste illegal.

Oke. To the point saja. Berikut ini script yang digunakan untuk mematikan fungsi klik kanan dan blok teks di blog :
<body oncontextmenu='return false;' onmousedown='return false;' onkeypress='return false;'>
Keterangan dari kode :

oncontextmenu='return false;' (mematikan fungsi klik kanan pada mouse)
onmousedown='return false;' (mematikan fungsi klik dan blok)
onkeypress='return false;' (mematikan fungsi tombol tombol pada keyboard, termasuk CTRL + U, CTRL + A dan CTRL + C)

Anda dapat menyesuaikan kode diatas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin mematikan fungsi klik dan blok, hapus script onkeypress='return false;' dan  oncontextmenu='return false;'. Sehingga scriptnya akan menjadi :
<body onmousedown='return false;'>
Cara Memasang:
1.     Buka Blogger, dan masuk ke Template.
2.     Buat sebuah backup dari template blog Anda, lalu klik tombol Edit HTML.
3.     Cari kode <body> (gunakan CTRL+F, dan ketikkan <body> pada kotak yang muncul).
4.     Ganti kode <body> dengan kode diatas (yang telah Anda rubah sesuai dengan kebutuhan)
5.     Simpan dan lihat perubahannya.
Selamat mencoba! Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong share dengan menggunakan share tools dibawah. Tolong berikan juga Google +1, dan like Fanpage blog ini. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

1 komentar:

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs