Sabtu, 14 Juli 2012

Membuat Kotak Permalink Pada Blogger

link
Membuat Kotak Permalink Pada Blogger – Kotak permalink? Kotak permalink merupakan suatu kotak yang berisi link artikel yang sedang dibaca. Fungsinya adalah untuk mengingatkan pengunjung yang akan berniat menyalin artikel Anda agar menyertakan link sumber artikel Anda. Didalam kotak permalink juga tersedia link yang jika di klik akan menuju halaman posting blog yang dimaksud, sehingga akan memudahkan pengunjung untuk menyertakan link sumber dalam artikel copyannya. Dengan adanya kotak permalink juga dapat membantu kita dalam meningkatkan backlink menuju situs kita.
Preview kotak permalink versi PC 123 :
kotak permalink, permalink

Sebenarnya, masih banyak jenis kotak permalink. Namun, kali ini kita akan membuat kotak permalink yang cukup mudah. Lihat script kotak permalink dibawah ini :
<div class='bloglano_permalink' style='border:2px dashed red;background:#ffffff;padding:10px 5px 5px 10px;text-align:justify'>  <center><medium>Ingin menyebarluaskan artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> ini? Sertakan juga link menuju artikel <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> ini. Jangan asal copy paste!</medium></center></div>
Catatan :
Ganti kode #ffffff (kode warna putih) dengan kode warna lain yang Anda inginkan. Kode ini akan menentukan warna latar kotak permalink Anda.
Itulah contoh dari kotak permalink sederhana yang dapat Anda pasang dalam blog Anda. Jika Anda ingin melihat preview kotak permalink ini, lihat pada bagian akhir artikel ini. Sekarang, Anda dapat mencoba untuk memasang kotak permalink ini dalam blog Anda. Langkah – langkahnya :
1.     Login ke Blogger.com, kemudian pilih blog yang akan Anda pasangi kotak permalink. Lalu pilih Rancangan -> Edit HTML
2.     Centang Expand Templates Widget. Jika dirasa perlu, backup dulu template Anda.
3.     Cari <data:post.body/>  dalam template Anda (gunakan CTRL + F) Jika Anda menggunakan readmore otomatis, akan terdapat banyak <data:post.body/> dalam template Anda. Solusinya, cobalah satu persatu.
4.     Jika Anda sudah menemukannya, pastekan script permalink diatas tepat DIBAWAH <data:post.body/>
5.     Terakhir, klik Simpan/Save Template.
Selamat, Anda telah berhasil memasang kotak permalink!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

7 komentar:

  1. untuk kontes seo apakah berpengaruh ya? oh iya sob, ikutan kontes seo yuk, lihat posting terbaru saya, lumayan hadiahnya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, untuk konteh seo mungkin kurang berpengaruh. Karena fungsi kotak permalink ini hanya untuk mengingatkan pengunjung yang akan copy paste artikel agar menyertakan link asal artikelnya. Dari sanalah, biasanya kita dapat backlink. :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. @Muhammad Husin Nafarin : sama - sama... :) terima kasih kembali... :)

      Hapus
  3. sangat membantu,,,!!!
    Thanks mas bro.... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dejavu Eiant: sama - sama... :) Trims kunjungannya... :D

      Hapus
  4. Saya coba bikin permalink dan sudah pasang script dibawah tapi malah ada pesan kesalahan. sy kurang paham. sepintas sy perhatiin barangkali script-nya tidak berpasangan di 'medium -center' Maaf, mudah2an saya salah ttg hal ini. terima kasih.

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs