Rabu, 12 Juni 2013

Cara Membackup dan Mengembalikan (Merestore) Template Blogger

Ilustrasi (logo) backup (Gambar tak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
Cara Membackup dan Mengembalikan (Merestore) Template Blogger – Biasanya, kegiatan backup dan restore (mengembalikan) template blogger dilakukan jika kita ingin bereksperimen dengan hal – hal baru dalam template blogger, seperti menambahkan kotak permalink, mengganti template blog, dll. Jika Anda termasuk dalam blogger pemula (seperti saya), aktifitas eksperimen tersebut sangatlah beresiko menyebabkan template blog Anda menjadi rusak atau bahkan hancur. Apalagi jika terjadi kesalahan dalam mengedit template tersebut, dan Anda tidak tahu bagian mana yang salah. Jika Anda telah melakukan kegiatan backup template blog Anda, Anda dapat dengan mudah mengembalikan (restore) tempelate blogger Anda dengan mengupload backupnya kembali ke Blogger, dan template blog Anda pun akan kembali seperti sebelum mendapatkan perubahan. Singkatnya, kegatan backup dan restore template ini berfungsi untuk mengembalikan template blog Anda ke versi sebelumnya (sebelum diedit) dengan mudah.
Tentunya blogger telah memiliki fasilitas untuk melakukan kegiatan backup dan restore template ini. Jika Anda kurang mengerti cara melakukan kegiatan backup dan restore template ini silahkan ikuti langkah – langkah dibawah ini :
1.      Login ke akun blogger Anda. Pilih blog yang akan Anda backup templatenya, kemudian pilih Template.
Langkah pertama: Bukalah akun Blogger Anda, pilih blog yang akan Anda backup templatenya, dan pilih 'Template' (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
 2.      Didalam halaman Template, klik tombol Cadangkan / Pulihkan yang terletak dipojok kanan atas (disebelah tombol dengan lambang roda gigi).
Langkah kedua: Klik tombol 'Cadangkan/Pulihkan' yang terletak di pojok kanan atas (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
 3.      Maka akan muncul pop up window Template > Cadangkan / Pulihkan. Untuk membuat backup/cadangan dari template blog Anda, klik tombol Unduh template lengkap (yang berwarna oranye). Simpanlah template blog Anda layaknya menyimpan file hasil download biasa.
Langkah ketiga: Klik tombol 'Unduh template lengkap' (yang berwarna oranye) untuk mendownload template blog Anda (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image)

Langkah ketiga: Klik 'Save File', lalu klik 'OK' untuk mendownload template blog Anda (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
4.      Terakhir, klik Tutup.
Sedangkan, cara untuk mengembalikan (merestore) template blogger Anda antara lain :
1.      Login ke akun blogger Anda. Pilih blog yang akan Anda restore templatenya, kemudian pilih Template
2.      Lalu klik tombol Cadangkan / Pulihkan yang terletak di pojok kanan atas (disebelah tombol dengan lambing roda gigi).
3.      Maka akan muncul pop up window Template > Cadangkan / Pulihkan. Untuk mengembalikan/merestore template blog Anda, klik tombol Browse yang terdapat dibawah tulisan Unggah template dari file di hard drive Anda.
Langkah ketiga: Klik tombol 'Browse...' (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
4.      Akan muncul sebuah window yang meminta Anda untuk menentukan lokasi file template blog Anda. Bukalah folder tempat Anda menyimpan backup template blog Anda, lalu klik file tersebut, dan pilih Open.

Langkah keempat: Pilih file template blog Anda (yang sudah Anda backup sebelumnya), lalu klik 'Open'. Terakhir, klik 'Unggah' (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
5.      Terakhir, klik Unggah untuk mengupload template blog Anda. Template blog Anda akan diunggah, dan digunakan untuk mengganti template blog Anda yang rusak.
Ingatlah untuk menyimpan baik – baik file template yang Anda dapatkan saat membackup template blog Anda, agar Anda tidak repot mencarinya dikemudian hari. Selamat mencoba membackup dan merestore template, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

2 komentar:

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs