Selasa, 28 Mei 2013

Cara Mudah Membuat Blog di Blogger

Logo Blogger, salah satu penyedia layanan blogging gratis yang dimiliki oleh Google - Cara Mudah Membuat Blog di Blogger. (Gambar tak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
Cara Mudah Membuat Blog di Blogger – Tentu semua pengguna internet mengetahui apa itu blog. Blog merupakan suatu media yang dapat digunakan sebagai media sosialisasi, dan tentu saja media ekspresi diri penulisnya. Oleh karena itu, memiliki blog dapat dikatakan seperti memiliki sebuah situs pribadi.
Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat blog di Blogger. Sebenarnya terdapat banyak layanan blogging gratis di internet, semisal Wordpress dan Blogger. 2 layanan yang saya sebutkan tadi merupakan layanan yang paling terkenal, dan banyak digunakan oleh blogger dunia. Namun, didalam postingan ini saya akan membahas cara membuat blog di Blogger, karena pengguna Blogger lebih banyak daripada Wordpress. Untuk membuat blog di Blogger, Anda tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup 5 sampai 10 menit!
Tips ini ditujukan untuk blogger pemula, jadi untuk Anda, blogger professional, tips ini bukan bagian Anda. Tutorial ini sebenarnya terdiri dari beberapa bagian yang saya gabungkan. Langkah – langkah mulai nomor 1 hingga 6 merupakan langkah – langkah membuat akun Google (yang diperlukan untuk mengakses Blogger), sedangkan nomor 7 hingga 9 merupakan langkah – langkah membuat blog di Blogger.
Oke, untuk lebih cepatnya, silahkan baca cara mudah membuat blog di blogger dibawah ini :
Catatan :
Jika Anda telah memiliki akun Google (seperti Gmail, Google +, Youtube dan sebagainya), Anda bisa langsung login ke blogger.com (dengan akun Google yang telah Anda miliki), dan memulai langkah – langkah membuat blog dari langkah nomor 7!
1.    Yang pertama, silahkan buka Blogger, lalu klik DAFTAR (berwarna merah, dan terletak di pojok kanan atas).

Langkah pertama dalam membuat blog adalah mengklik tombol 'DAFTAR' berwarna merah yang terletak di pojok kanan atas halaman Blogger.com (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image'.
2.    Lalu akan keluar form yang harus Anda isi. Isikan informasi Anda pada kolom – kolom yang tersedia. Ingat juga alamat e-mail dan password Anda, karena alamat e-mail dan password tersebut digunakan untuk login ke akun Blogger Anda. Saya sarankan Anda untuk tidak mengosongkan isian nomor telepon atau e-mail alternatif. Isilah minimal salah satunya, karena suatu saat nanti isian ini akan membantu Anda saat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di akun Anda.

Isikan data - data Anda pada langkah ini. Tidak ada salahnya untuk memasukkan nomor telepon Anda, karena Google sangat memegang teguh prinsip privasi (Gambar tidak terlihat? Klik kanan pada tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image'.
3.    Isikan kode verifikasi yang terletak dibawahnya, lalu centang juga 2 kotak dibawahnya. Setelah itu, klik Langkah berikutnya.

Jangan lupa untuk memasukkan kode chapta yang tersedia, agar Anda tidak dianggap sebagai spammer oleh Google! (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image')
4.    Pada step selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisikan foto profil akun Google + Anda. Anda dapat mengisinya sekarang, dengan mengklik tombol Tambahkan Foto Profil. Atau, Anda juga dapat melewati tahap ini, dan melanjutkan ke langkah selanjutnya, dengan mengklik tombol Langkah berikutnya.

Anda dapat menambahkan foto profil pada akun Google Anda (dengan mengklik tombol 'Tambahkan Foto Profil'), atau membiarkannya tetap seperti semula, dan melanjutkan ke langkah selanjutnya (dengan mengklik tombol 'Langkah Berikutnya') (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image')
5.    Selesai! Kini Anda sudah memiliki sebuah akun Google. Untuk melanjutkan ke Blogger, kliklah tombol Kembali ke Blogger.

Selamat! Anda telah memiliki sebuah akun Google. Langkah selanjutnya, masuk ke Blogger dengan mengklik tombol 'Kembali ke Blogger'. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
6.    Anda akan dibawa ke laman yang meminta konfirmasi profil Anda. Anda hanya perlu mengganti isian bahasa yang digunakan oleh Blogger (yang awalnya English) menjadi Indonesian – Bahasa Indonesia. Setelah itu, klik Lanjutkan ke Blogger.
Gantilah bahasa yang akan digunakan dalam Dasbor Blog Anda menjadi bahasa yang Anda mengerti (seperti Bahasa Indonesia). Pengaturan bahasa dapat Anda temukan pada pojok kanan laman ini, dan gantilah dengan Bahasa Indonesia. Setelah itu, klik 'Lanjutkan ke Blogger'. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
7.    Pada tahap ini, blog Anda dapat dikatakan hampir selesai. Pada Dasbor Blogger, klik tombol Blog Baru di pojok kiri atas.
Setelah selesai dengan Akun Google dan pengaturannya, kini Anda akan mulai membuat blog. Klik tombol 'Buat Blog' yang terdapat di pojok kiri atas Dasbor Blogger. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
8.    Maka akan keluar sebuah window, yang meminta Anda untuk melengkapi informasi yang diminta.
Masukkan nama blog yang Anda inginkan pada isian 'Judul', dan pilih alamat yang Anda inginkan pada kotak 'Alamat'. Apabila terlihat tanda seru berwarna kuning disebelah kolom 'Alamat', berarti alamat blog yang Anda inginkan sudah digunakan oleh orang lain. Pilih template yang Anda inginkan, dan klik 'Buat Blog!' (Gambar tidak terlihat? Klik tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
Keterangan :
Judul : isikan dengan judul blog yang diinginkan.
Alamat : pilih alamat blog Anda. Apabila muncul tanda centang, berarti alamat tersebut tersedia. Pilihlah alamat yang simple, mudah diingat dan mengandung kata kunci yang berkaitan dengan tema blog Anda. Usahakan juga agar tidak menggunakan angka atau symbol lainnya.
Template : Pilih salah satu template. Anda dapat menggantinya nanti (cara menggantinya sudah pernah saya bahas pada posting Cara Mengganti Template/Tema Blog)
9.    Terakhir, klik Buat Blog! Maka Anda akan memiliki sebuah blog, dengan alamat sesuai dengan alamat yang telah Anda isikan (pada isian alamat).
Selamat! Akhirnya Anda memiliki sebuah blog. Untuk menuliskan sebuah posting baru, kliklah logo pensil oranye yang terdapat disebelah nama blog Anda. Anda juga dapat membuat lebih dari 1 blog dalam 1 akun, dengan cara mengulangi langkah nomor 7 hingga 9. Jadi, selamat nge-blog di Blogger!
Selamat mencoba, dan Salam Blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs