Jumat, 22 November 2013

Kenali dan Cegah Google Panda!

ilustrasi google panda, google, blog, seo

Kenali dan Cegah Google Panda! - Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membahas tentang Google Sandbox, yang menjadi momok bagi para blogger. Inovasi Google untuk meningkatkan kualitas hasil pencariannya tidak berhenti pada pemberlakuan Google Sandbox. Yup, beberapa waktu yang lalu Google memperkenalkan algoritma baru dalam menyaring blog ataupun website yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Algoritma baru inilah yang dinamakan Google Panda.

Algoritma ini sebenarnya bukanlah algoritma baru, melainkan perkembangan baru dari algoritma Google Caffeine. Google Caffeine merupakan 'kakak' dari Google Panda, namun ia dianggap tidak begitu ampuh dalam menangggulangi spammer dan black hat seo yang sering dilakukan oleh para blogger nakal. Cara kerja Google Panda ini mirip dengan polisi, dimana ia 'berpatroli' mengelilingi blog dan website di dunia. Apabila ia menemukan blog yang menyalahi aturan, maka posisi blog tersebut di SERP (Search Engine Result Page) akan diturunkan.

Imbas dari pemberlakukan Google Panda ini adalah naiknya peringkat blog - blog yang dikembangkan sesuai dengan 'aturan main Google', dan turunnya peringkat blog - blog nakal.
Tentunya, kita blogger - blogger baik hati dan jujur (... :D) tidak ingin menjadi korban salah tangkap dari Google Panda. Nah, untuk Anda yang tidak ingin menjadi korban salah tangkap, silahkan ikuti tips dibawah ini :

1.     Jangan melakukan tindakan - tindakan 'over SEO', semisal meletakkan beribu - ribu keyword pada meta tag, atau melakukan ping berkali - kali setiap hari. Lakukan SEO dengan wajar, dan lupakan Black Hat SEO.
2.     Buatlah konten/posting yang berkualitas, serta original. Tak usah panjang - panjang jika tidak terlalu penting, asalkan original dan bukan hasil copy paste illegal.
3.     Lupakan tindakan spamming, seperti mencari ribuan backlink setiap hari, dsb
4.     Periksa kualitas SEO blog Anda secara rutin dengan menggunakan Tools yang Anda percaya (semisal Google Webmaster Tools atau Broken Link Checker untuk mengecek broken link di blog Anda).

Dengan melaksanakan tips diatas, diharapkan blog Anda dapat terhindar dari serangan algoritma Google Panda. Tolong share artikel ini (jika bermanfaat), selamat mencoba, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!