Sabtu, 29 Juni 2013

Cara Memasang Title dan Alt Text pada Link

Penggambaran Alt Text dan Title Text. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
Cara Memasang Title dan Alt Text pada Link - Anda pasti pernah melihat teks yang muncul saat pointer mouse diletakkan diatas link. Itulah yang disebut dengan title text pada link. Fungsinya untuk memberikan informasi mengenai link tersebut, yang diharapkan dapat membantu pengunjung memutuskan, apakah ia perlu mengklik link tersebut atau tidak. Sedangkan alt text merupakan saudara sepupu dari title text. Dimana, alt text memiliki fungsi mendeskripsikan suatu link. Namun, karena deskripsi itu diperuntukkan untuk mesin pencari, alt text menjadi tidak kasat mata. Anda baru dapat melihat alt text apabila Anda membongkar struktur HTML sebuah blog. Nah, diantara keduanya, mana yang lebih penting?

Menurut saya (secara pribadi dong... Masa secara mufakat...), keduanya sama - sama penting. Alt text dapat menyajikan deskripsi link untuk search engine, sedangkan title text berfungsi untuk memberikan deskripsi link untuk pengguna manusia (pengunjung). Semuanya sama - sama membantu, dan saling mendukung untuk meningkatkan kualitas SEO blog Anda.

Nah, pertanyaanya. Bagaimana cara memasang alt text dan title text pada link di blog? Mengingat tidak adanya fasilitas penambahan alt text pada link di Blogger, mau tidak mau Anda harus bermain dengan struktur HTML link.

Pada umumnya, struktur HTML link adalah sebagai berikut :
<a href='http://xxpc123xx.blogspot.com'>Tips SEO + Blog - PC 123</a>
Setelah dipaang, previewnya akan seperti ini :

Nah, kita akan mencoba memasangkan title text pada link. Coba perhatikan script dibawah ini :
<a href='http://xxpc123xx.blogspot.com' title='Tips SEO + Blog - PC 123 menyediakan tips - trik blogging serta SEO terbaru dan original'>Tips SEO + Blog - PC 123</a>
Lalu, coba letakkan pointer mouse Anda diatas link berikut. Anda akan melihat tulisan 'Tips SEO + Blog - PC 123 menyediakan tips - trik blogging serta SEO terbaru dan original'

Kesimpulannya, Anda dapat memasang title text pada link dengan menambahkan atribut title='kata - kata' setelah <a href='http://...'.

Oke, percobaan kedua. Kita akan mencoba memasang alt text dalam sebuah link. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, Anda dapat melihat alt text ini dengan cara membongkar script HTML.
<a href='http://www.google.co.id' alt='Google merupakan mesin pencari terbaik, terbesar, dan tergratis!'>Google!</a>
Preview :
Jika Anda ingin melihatnya, tekan CTRL+U (untuk pengguna Firefox dan Chrome), kemudian tekan ctrl+f, dan cari kata 'Google'.
Kesimpulannya (lagi), alt text pada link dapat dipasangkan dengan menambahkan atribut alt='kata - kata' setelah <a href='http://...'.

Anda juga dapat menambahkan alt text dan title text secara bersamaan kedalam sebuah link. Contoh pemasangan alt text dan title text secara bersamaan dalam link :
<a href='http://xxpc123xx.blogspot.com' title='Tips SEO + Blog - PC 123 menyediakan tips - trik blogging serta SEO terbaru dan original' alt='Tempatnya belajar SEO dan Blog!'>Tips SEO + Blog - PC 123</a>
Preview :

Oh, iya. Ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan dalam membuat alt text dan title text. Diantaranya :
1.      Gunakan kata - kata dan kalimat yang dapat dimengerti oleh manusia. Jangan membanjiri alt dan title text dengan kata kunci saja.
2.      Buatlah kalimat yang memiliki hubungan dengan topik blog Anda. Akan lebih baik lagi apabila kalimat tersebut menggambarkan link.
3.      Masukkan juga sinonim dari kata kunci blog Anda dalam title dan alt text.
Bagaimana? Selamat mencoba mengoptimalkan SEO blog Anda dengan menggunakan title dan alt text! Salam blogger, dan jangan lupa untuk mengklik tombol Google +1 dibawah. Terima kasih!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

7 komentar:

  1. supaya otomatis di setiap link gimana gan?

    BalasHapus
  2. Berhasil. Sudah saya coba di blog saya. Terima kasih infonya.

    BalasHapus
  3. kalau teks dan title nya muncul dengan gambar bisa ndak ya mas :D

    BalasHapus
  4. Kalo cara pasang alt dan title tag pada link bergambar gimana sob

    BalasHapus
  5. masih belum mngerti mas. Cara memasangnya itu di struktur template HTML, atau pada setiap postingan. Misalkan saya klik gampar pada posting, ada pilihan properties. di situlah ada title dan alt text.

    BalasHapus
  6. kalau pengen title pada link x secara otomatis gmn mas?

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs