Rabu, 18 Desember 2013

Cara Mudah Meningkatkan Pelanggan RSS Feed Blog

Ilustrasi RSS Feed (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image')

Cara Mudah Meningkatkan Pelanggan RSS Feed Blog – Setelah beberapa waktu saya kembali absen menulis artikel mengenai SEO, kali ini saya akan membagikan tips yang sekiranya masih memiliki hubungan dengan SEO. Terus terang, saya agak bingung menentukan jenis post ini. Antara tips blogging atau SEO. Namun, Anda tak perlu ikut berpusing ria menentukan jenis artikel ini. Cukup baca dan komentari… :)

Oke, beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel mengenai cara berlangganan RSS Feed. RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication. Fungsinya hampir mirip dengan loper koran, dimana yang diantarkan oleh RSS bukanlah koran, melainkan artikel blog. Jadi, apabila blogger melakukan update, RSS akan mengantarkan posting tersebut ke pelanggannya. Terdapat 2 jenis RSS, yaitu RSS via e-mail dan RSS yang dibaca melalui aplikasi RSS Reader online.

Saya baru memasang widget RSS kurang lebih 5 bulan yang lalu. Dan pelanggan RSS saya terus menerus naik turun. Setelah melakukan sedikit analisis, akhirnya saya mengetahui beberapa penyebab naik turunnya pelanggan RSS Feed blog ini. Beberapa penyebab tersebut sudah saya temukan solusinya. Langsung saja, berikut ini langkah mudah untuk meningkatkan pelanggan RSS Feed Blog
1.     Pertama, ajak (atau lebih baik lagi minta) pengunjung blog Anda untuk berlangganan RSS Feed. Pepatah lama mengatakan, tak ada yang memberi jika Anda tak meminta. Oleh karena itu, mintalah mulai sekarang. Jangan lupa juga, sisipkan ucapan terima kasih apabila visitor blog Anda sudah mau berlangganan RSS Feed Blog Anda.
2.     Kedua, Anda dapat mencoba untuk tidak menggunakan kata berlangganan. Berlangganan erat kaitannya dengan hal yang tidak gratis, padahal RSS disediakan secara gratis. Gunakan kata atau kalimat lain, seperti : Sibuk? Baca artikel blog ini via E-Mail. Caranya? Masukkan e-mail Anda pada kotak dibawah, dan klik Daftar!
3.     Ketiga, buat sebuah artikel yang berisikan tentang cara menggunakan RSS. Kebanyakan pengunjung blog tidak akan berlangganan RSS Feed karena tidak mengerti apa itu RSS Feed. Hindari menggunakan bahasa yang bertele – tele dalam menulis artikel penjelasan RSS Feed. Contoh artikel penjelasannya dapat  Anda lihat disini.
4.     Keempat, berikan bonus atau penghargaan kepada pelanggan RSS Feed Anda. Tak usah yang mahal – mahal. Misalnya, Anda dapat mengirimkan e-book gratis kepada pelanggan RSS Blog Anda. Trik ini sebetulnya belum saya coba, namun dalam waktu dekat ini akan saya coba. Jadi, untuk Anda yang ingin mendapatkan e-book tentang SEO dan Blog, silahkan ikuti RSS Feed blog ini. Terima kasih! Hehehe... :)
5.     Kelima, cobalah untuk memasang tombol chicklet RSS Feed di tempat yang sering mendapat perhatian visitor. Misalnya di bagian akhir posting, atau disebelah form pendaftaram RSS E-Mail. Tombol ini berfungsi untuk menunjukkan jumlah pelanggan RSS Feed. Semakin banyak orang yang terlihat berlangganan, akan membuat orang tertarik untuk ikut berlangganan RSS blog Anda.
6.     Keenam, gunakan gambar unik dan mencolok sebagai tombol RSS  di blog Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan gambar hati RSS berwarna oranye di blog ini. Anda juga dapat menggunakan gambar unik lainnya. Anda dapat mencarinya di Google, Iconfinder, atau disini.
7.     Ketujuh, dekorasi tampilan form langganan RSS di blog Anda. Ketimbang menggunakan form polos berwarna putih, Anda dapat menambahkan latar, mengubah warna tombolnya, dan membuatnya terlihat lebih mencolok, dan dapat menarik pengunjung agar berlangganan RSS Feed blog Anda.
8.     Kedelapan, selalu buat posting yang berkualitas. Kurangi kebiasaan mengedit posting setelah posting di post, karena perubahan yang Anda lakukan tidak akan terlihat di pelanggan RSS Feed, khususnya yang berlangganan via E-Mail.
Ada yang punya cara lain? Silahkan tulis di kotak komentar dibawah. Oh, iya. Jangan lupa juga, ikuti Tips SEO + Blog - PC 123 via RSS. Via RSS E-Mail atau RSS Reader, tak masalah!
Tolong berikan artikel ini Google +, atau share artikel ini. Selamat mencoba, terima kasih dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!