Selasa, 17 Desember 2013

Cara Memasang Widget Random Post di Blog


Cara Memasang Widget Random Post di Blog – Kembali lagi blog Tips SEO + Blog – PC 123 membagikan artikel bertemakan tips trik blogging. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya dalam artikel Mengenal Bounce Rate dan Cara Mengatasinya, saya sempat mengungkit tentang peranan widget random post untuk mengurangi bounce rate. Untuk preview widget random post ini, lihat gambar dibawah :
Preview widget random post yang telah dipasang di blog (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image')
Fungsi utama dari widget random post adalah untuk menampilkan daftar link menuju suatu posting pada blog secara acak. Pengunjung yang melihat link tersebut dapat meng-klik link tersebut, dan ia akan dibawa ke posting yang bersangkutan. Fungsi lain dari random post adalah untuk menampilkan posting – posting lama agar tidak ‘berdebu’ (maksudnya kesepian pengunjung). Ada juga widget random post yang dipasang di bagian akhir posting. Namanya Related Post.
Oke, to the point. Berikut ini cara memasang widget random post di blog Anda :
1.     Buka Blogger, dan masuk ke Tata Letak.
2.     Pilih Tambahkan Gadget ditempat Anda ingin memasang widget random post ini.
3.     Pilih HTML/Javascript.
4.     Pastekan kode berikut :
<script type="text/javascript">
var randarray = new Array();var l=0;var flag;var numofpost=5;function randomposts(json){var total =parseInt(json.feed.openSearch$totalResults.$t,10);for(i=0;i < numofpost;){flag=0;randarray.length=numofpost;l=Math.floor(Math.random()*total);for(j in randarray){if(l==randarray[j]){ flag=1;}}if(flag==0&&l!=0){randarray[i++]=l;}}document.write('<ul>'); for(n in randarray){ var p=randarray[n];var entry=json.feed.entry[p-1];for(k=0; k < entry.link.length;k++){if(entry.link[k].rel=='alternate'){var item = "<li>" + "<a href=" + entry.link[k].href + ">" + entry.title.$t + "</a> </li>";document.write(item);}}}document.write('</ul>');}</script> <script src="http://xxpc123xx.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts" type="text/javascript"></script>
Catatan :
Angka 5 menunjukkan jumlah link yang ditampilkan dalam widget random post. Ganti sesuai dengan keinginan Anda.
Ganti juga url xxpc123xx.blogspot.com yang berwarna merah dengan url blog Anda.
5.     Isikan juga Judul. Sesuaikan dengan keinginan Anda. Misalnya : Posting Menarik Lainnya.
Terakhir, klik Simpan.
Silahkan buka blog Anda untuk melihat efek random post ini. Selamat mencoba! Tolong bantu saya dengan share artikel ini di Google + atau social media lainnya. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs