Minggu, 29 Desember 2013

3 Tempat Nge-Blog (Blogging) Selain Blogger

Ilustrasi blog (Tidak dapat melihat gambar? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
3 Tempat Nge-Blog Selain Blogger – Di penghujung tahun ini, kita lupakan sejenak berbagai tips trik blogging dan trik – trik SEO (hehehe). Kali ini saya ingin berbagi mengenai tempat – tempat ngeblog alternative selain Blogger. Blogger (beberapa orang menyebutnya Blogspot) merupakan tempat ngeblog paling terkenal di dunia netter. Tak heran, banyak para blogger pemula memutuskan untuk ngeblog di Blogger. Namun, Blogger bukanlah satu - satunya tempat ngeblog di Internet. Ada banyak tempat ngeblog lain di Internet. Ratusan, bahkan ribuan, baik yang gratis maupun berbayar.
Untuk Anda yang bosan ngeblog / blogging di Blogger, dan ingin merasakan sensasi blogging di tempat lain, tak ada salahnya untuk mencoba 3 penyedia layanan blog gratis, yang menurut saya memiliki fitur yang tidak kalah bagusnya dengan Blogger. Sekedar catatan, urutan tidaklah menentukan peringkat disini.
1.     WordPress (WP)

Logo WordPress, salah satu tempat ngeblog terbaik di dunia - (Tidak dapat melihat gambar? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')

WordPress merupakan saingan terberat Blogger. Karena hal itulah, beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis post antara Pertarungan Blogger vs WordPress, yang berisikan perbandingan fasilitas keduanya. WordPress dan Blogger sama - sama gratis, dan memiliki banyak pengguna. Keunggulan WordPress dibandingkan dengan Blogger adalah ia lebih SEO Friendly dan memiliki banyak plugin. Namun, Anda tidak dapat memasang iklan di WordPress, karena itu dilarang dalam TOS (Term Of Service atau Ketentuan Layanan) mereka, hehehe... Terlepas dari semua itu, WordPress adalah tempat ngeblog yang cukup baik untuk blogger pemula ataupun professional. Jika Anda ingin menggunakan WordPress sebagai tempat berbisnis online (seperti PPC, Pay Per Click, Anda dibayar setiap engunjung blog meng-klik iklan di blog Anda), Anda dapat menggunakan CMS (Content Management System) WordPress. Ingin melihat contoh blog WordPress? Silahkan masuk ke sini.
2.     MyWapBlog

Logo MyWapBlog (Tidak dapat melihat gambar? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')

MyWapBlog sebenarnya diciptakan khusus untuk blog yang dapat diakses melalui ponsel. MyWapBlog jauh lebih kompatibel dengan berbagai perangkat mobile, seperti ponsel, smartphone, atau tablet. Keunggulan lainnya, Anda dapat melakukan aktivitas blogging melalui ponsel atau tablet Anda. Tak seperti Blogger, dimana Anda harus menggunakan aplikasi tertentu agar Anda dapat ngeblog di Blogger, di MyWapBlog Anda hanya perlu browser WAP, dan login ke MyWapBlog untuk menulis sebuah post. Disini, Anda diijinkan untuk memasang iklan. Namun, kekurangan utama dari MyWapBlog adalah fasilitasnya yang terbatas, dan antarmukanya yang kurang user friendly. Selain itu, MyWapBlog juga kurang memiliki SEO Tools. Terlepas dari semua itu, MyWapBlog merupakan pilihan yang baik untuk blogger dengan mobilitas tinggi, namun tetap selalu ingin mengupdate blognya. Ingin melihat blog dengan basis MyWapBlog? Buka blog saya yang membahas tentang aplikasi java untuk ponsel.
3.     Weebly

Logo Weebly (Tidak dapat melihat gambar? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')

Weebly menjadi tempat ngeblog terbaik selanjutnya (tentunya selain Blogger dan 2 tempat sebelumnya). Weebly memiliki antarmuka yang tidak kalah bagus jika dibandingkan dengan WordPress atau Blogger. Ia telah menggunakan basis HTML5, dan karena itulah antarmukanya cukup bagus. Weebly juga telah memiliki SEO Toolsnya sendiri, banyak template bagus, dan juga SEO Friendly. Kekurangan Weebly adalah ia memiliki sedikit pengguna. Terlepas dari semua itu, Weebly layak untuk dicoba jika Anda bosan ngeblog di Blogger. Preview blog yang dibuat dengan Weebly dapat Anda lihat disini
Ketiga tempat ngeblog diatas tentunya dapat Anda gunakan jika Anda bosan ngeblog di Blogger. Jika Anda meminta saya memilih, saya akan memilih MyWapBlog (karena saya seorang siswa yang sering mobiling) dan tentu saja, Blogger! Hehehe… Anda pilih yang mana?
Share artikel ini jika bermanfaat (berikan pula Google +1)!, terima kasih, dan salam blogger! Jangan lupa like fanspage blog ini, dan tolong tinggalkan komentar! Trims!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

4 komentar:

  1. Wah pengetahuan baru nih, saya cuma pake 3 sob "mywapblog, blogspot, dan xtgem".
    Jangan lupa kunjungan baliknya ditunggu di http://astronomi-in-indo.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mantap info nya , hatur nuhun

    BalasHapus
  3. Menurut ane yang seo friendly mah mywapblog.com ,coba aja lihat di persaingan kontes seo,yang sering masuk dalam peringkat 3 besar mywapblog.com ,gtw knapa

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs