Selasa, 18 Juni 2013

Cara Mengikuti (Berlangganan) RSS Feed Blog

 RSS Feed merupakan satu fasilitas yang terdapat pada Internet. Dimana, RSS berfungsi untuk memberitahukan pengguna akan adanya artikel terbaru dalam suatu blog (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
Cara Mengikuti (Berlangganan) RSS Feed Blog – Apakah Anda sudah mengenal RSS? RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication. Fungsinya untuk memberi tahu pengunjung setia blog akan adanya update artikel terbaru. Dalam dunia internet, terdapat dua jenis RSS. Diantaranya RSS yang menggunakan e-mail, serta RSS yang hanya menggunakan url. Mana yang lebih bagus? Semuanya kembali kepada Anda, calon pengguna RSS. Jika Anda sering membuka e-mail, maka pilih RSS e-mail. Dan jika Anda lebih suka RSS yang hanya memberitahu Anda akan artikel ter-update, dan tidak membanjiri e-mail Anda, sepertinya RSS url cocok untuk Anda. namun, untuk berlangganan RSS tipe url ini, mungkin Anda memerlukan layanan RSS Reader, baik yang berbasis aplikasi ataupun web.

Oke, kita awali dengan membahas cara mendaftar dan mengikuti RSS e-mail. Dalam  Berikut ini langkah – langkahnya:
1.     Pertama, buka blog yang akan Anda ikuti, lalu carilah kotak pendaftaran RSS. Biasanya kotak tersebut memiliki judul dengan kata – kata ‘RSS Feed, dapatkan update gratis, langganan gratis’ dsb Setelah ketemu, masukkan alamat e-mail Anda disana, lalu klik tombol yang tersedia (biasanya ‘Subscribe’, ‘Submit’ atau ‘Daftar’).
Contoh kolom RSS Feed E-mail, yang digunakan untuk berlangganan RSS Feed via E-mail. Masukkan alamat e-mail Anda, lalu klik tombol yang tersedia (dalam contoh ini 'Daftar'). Kolom ini dapat Anda temukan dibagian footer Tips SEO + Blog - PC 123. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')


2.     Anda akan di-redirect ke sebuah halaman dengan tampilan seperti gambar dibawah ini :
Masukkan kode verifikasi yang tersedia, lalu klik tombol Complete Subscription Request.

Masukkan kode verifikasi yang tersedia, lalu klik 'Complete Subscription Request'. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
3.     Akan keluar laman Email Subscription Request. Klik link Close Window untuk menutupnya.

Laman ini menandakan bahwa ada e-mail verifikasi yang dikirimkan oleh FeedBurner ke alamat e-mail Anda. Klik 'Close Window' untuk menutupnya. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
4.     Buka akun e-mail Anda, dan periksa Inbox Anda. Cari e-mail dengan judul FeedBurner Email Subscriptions. Jika tidak ketemu, coba cari di folder Spam/Junk. Setelah ketemu, klik link yang tersedia.

Isi e-mail verifikasi yang dikirmkan FeedBurner. Klik pada link yang tersedia untuk memverifikasi alamat e-mail Anda. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
5.     Maka akan terbuka sebuah tab baru, dengan judul Email Subscription Confirmed! Selamat! Anda telah berhasil berlangganan RSS via e-mail. Setiap artikel terbaru akan dikirimkan ke Inbox e-mail Anda.

Selamat! Anda telah berhasil berlangganan RSS Feed via e-mail. Kini, setiap postingan terbaru akan dikirimkan ke akun e-mail Anda. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')

Masih ingin mengikuti serta mendapatkan update gratis dengan menggunakan RSS tipe url? Ikuti langkah - langkah dibawah ini. Sebelumnya, saya sarankan untuk menggunakan Mozilla Firefox, karena akan lebih mudah berlangganan RSS dengan menggunakan Firefox.

1.     Cari tombol RSS pada blog yang akan Anda ikuti. Jika tidak ada tombol, coba cari link dengan tulisan ‘Langganan’, ‘RSS’, dan sejenisnya. Jika sudah ketemu, klik link/tombol tersebut.
2.     Lalu, klik View Feed XML. (catatan : jika laman ini tidak muncul, loncat ke langkah nomor 3).
3.     Terakhir, pilih Live Bookmarks, dan klik Subscribe Now.

Pilih 'Live Bookmarks' pada menu dropdown yang tersedia. Lalu, klik 'Subscribe Now'. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
4.     Klik Subscribe sekali lagi. Maka RSS Feed blog yang Anda ikuti akan nangkring di Bookmarks Toolbar Mozilla Firefox. Untuk melihat daftar artikel terbaru, cukup klik nama RSS blog yang Anda ikuti, dan daftar artikel terbaru akan menjulur kebawah.

Klik 'Subscribe' untuk menyelesaikan pendaftaran RSS Feed. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')

Contoh RSS Feed yang telah di-bookmark, dan jika diklik akan 'menjulurkan' menu berisikan artikel - artikel terbaru dari blog yang bersangkutan. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')

Oh, iya. Untuk ujicoba pertama, gunakan saja RSS Feed Tips SEO + Blog – PC 123. Jangan lupa untuk meng-klik tombol G +1 dibawah. Selamat mengikuti RSS, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

6 komentar:

  1. mantap mantap gan atas infonya membantu sekali. Silahkan mampir www.footballcoachingjobss.com :)

    BalasHapus
  2. @Harus Sukses : Oke gan! Trims atas kunjungan dan komentarnya! :)

    BalasHapus
  3. sepertinya susah banget... Saya mempublikasikn blogg saya hanya menggunakan hp...

    BalasHapus
  4. makasih om artikelnya berguna banget.. BTW budaya langganan rss feed di indonesia itu sepertinya rendah ya... hehehe

    BalasHapus
  5. Mantapp.. sangat berguna bagi newbie, HEHEHE..

    mampir mari gan,. Informasi lucu, unik, asik, menarik yang butuh hiburan. HEHE

    BalasHapus
  6. makasih .. kerenn banget nih.. membantu ampe akar2nya.. hehe

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs