Jumat, 21 Juni 2013

10 Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank Blog

Visualisasi Alexa Rank yang meningkat. (gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
10 Cara Mudah Meningkatkan Alexa Rank Blog – Alexa Rank merupakan sistem perangkingan blog/website yang dimiliki oleh perusahaan Alexa.com (salah satu anak perusahaan Amazon.com). Tak dapat dipungkiri, Alexa Rank juga menentukan kualitas sebuah blog. Semakin kecil Alexa Rank, semakin bagus pula kualitas blog yang bersangkutan. Misalnya, YouTube memiliki Alexa Rank 4, yang dapat dikatakan lebih baik ketimbang blog saya dengan Alexa Rank 800.000 ribuan (saat artikel ini ditulis)

Banyak orang yang menganggap bahwa semakin tinggi visitor suatu blog, maka Alexa Rank-nya akan tinggi pula. Tetapi banyak pula blog yang memiliki visitor yang tinggi, backlink yang banyak, namun Alexa Rank-nya masih saja nangkring di angka segitu –segitu. Nah, untuk Anda yang berminat meningkatkan Alexa Rank blog Anda, berikut ini saya berikan 10 tips mudah untuk meningkatkan Alexa Rank.

Buat Posting/Artikel Berkualitas – Pengunjung blog tentunya menginginkan posting blog yang unik dan berkualitas. Usahakan untuk membuat konten orisinal (bukan copy paste), unik dan menarik. Selain dapat meningkatkan Alexa Rank, dengan adanya posting yang berkualitas dapat menurunkan tingkat bounce rate blog serta meningkatkan page view blog. Jangan lupa juga untuk membuat posting yang memiliki hubungan dengan topik blog Anda.
Update Blog Secara Teratur – Jangan biarkan pengunjung blog Anda lari hanya gara – gara blog Anda tak pernah di-update. Update blog secara teratur, sesuai dengan kemampuan Anda. Akan lebih baik lagi apabila Anda dapat mengupdate blog Anda setiap hari.
Link Building (Backlink) – Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk membangun link menuju blog Anda. Beberapa cara tersebut sudah pernah saya bahas disini.
Install Alexa Toolbar di Browser Anda, dan Ajak Pengunjung Blog Anda untuk Menginstalnya – Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan menginstall Alexa Toolbar di browser Anda. Cukup pergi ke Alexa Toolbar, buat toolbar untuk blog Anda sendiri, dan download toolbarnya disana. Alexa Toolbar memiliki kemampuan untuk mencatat segala aktifitas yang dilakukan oleh admin blog. Oleh karena itu, gunakan browser yang dengan Alexa Toolbar dalam setiap kegiatan blogging Anda. Ajak juga pengunjung blog Anda untuk menginstall Alexa Toolbar blog Anda. Semakin banyak pengunjung blog yang menggunakan Alexa Toolbar, semakin bagus pula untuk peningkatan Alexa Rank.
Klaim Blog Anda di Alexa – Anda dapat mengklaim kepemilikan blog Anda di Alexa Rank, yang tentu saja juga dapat meningkatkan Alexa Rank blog Anda. Silahkan masuk ke laman Claim Your Site, lalu klaim blog Anda.
Buatlah Postingan Mengenai Alexa dan SEO – Menurut beberapa sumber, Alexa Rank sangat suka artikel yang betopik Alexa. Sedangkan artikel SEO banyak dicari oleh blogger (yang memiliki browser dengan Alexa Toolbar), sehingga berpotensi meningkatkan Alexa Rank.
Daftarkan Blog Anda di Mesin Pencari – Yup, ini merupakan salah satu teknik klasik, yang tidak hanya berpengaruh terhadap Alexa Rank blog Anda, melainkan juga berpengaruh terhadap peningkatan visitor blog Anda.
Dorong Pengunjung Blog untuk Me-Review blog Anda di Alexa – Sudahkah Anda meminta penunjung blog Anda untuk mereview blog Anda di Alexa.com? Jika belum, segera minta pengunjung blog Anda untuk me-review blog Anda di Alexa.com. Atau, pasang button review milik Alexa untuk menarik pengunjung agar me-review blog Anda. Untuk mendapatkan kode Button Review, klik disini.
Hubungkan Blog Anda dengan Social Media – Tak ada salahnya untuk menghubungkan blog Anda dengan social media. Tinggalkan link posting Anda pada tweet ataupun status Anda. siapa tahu kawan Anda tertarik mengkliknya, dan tentu saja akan menambah pengunjung blog Anda. Cara lain yang dapat Anda coba adalah membuat fanpage blog Anda di Facebook.
Pasang Banner Alexa Site Info di Blog AndaHal terakhir yang dapat Anda coba untuk meningkatkan Alexa Rank adalah dengan memasang banner Alexa Site Info di blog Anda. Anda dapat mencari kodenya disini.

Intinya, rajin – rajinlah untuk mengupdate dan meningkatkan kualitas blog Anda. Semakin tingga kualiats blog Anda, semakin baik pula Alexa Rank blog Anda. Oh, iya. Ada yang ingin menambahkan 10 cara meningkatkan Alexa Rank diatas?
Selamat mencoba, dan Salam Blogger! Jangan lupa untuk mengklik tombol Google +1 dibawah posting ini. Terima kasih!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

6 komentar:

  1. thanks tipsnya mas, akhir2 ini rank alexa ane turun terus :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Yugo : Namanya juga Alexa gan. Sama seperti rangking. Bisa naik, dan bisa turun. Ingat saja untuk rajin - rajin nge-post, dan menerapkan tips diatas. Trims atas kunjungan dan komentarnya Yugo! :)

      Hapus
  2. knapa ya sob kog postingan yang terindex di alexa saya cuma 2,
    padahal jumlah postingan saya 40 lebih.

    BalasHapus
  3. Sesuai dugaan ternyata memang benar mereview seo + alexa juga bisa ningkatin alexa rank. tq, mas

    BalasHapus
  4. tipsnya sangat membantu bro...

    http://akisada-ryo.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Ini ada yang aneh gan. 1 minggu yang lalu saya menclaim blog sy di alexa, sekaligus masang toolbar alexa dan site infonya. Kenapa ya blog saya jauh lebih ramping sebelum saya berkutat dengan alexa itu dibanding sekarang. Setelah pasang alexa blog saya tembus angka 2 juta lebih. Kira-kira kenapa ya?

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs