Kamis, 27 Desember 2012

Bagaimana Cara Menulis Judul Blog yang Benar


bagaimana cara menulis judul blog yang benar, title tag
Bagaimana Cara Menulis Judul Blog yang Benar – Judul blog, blogger mana yang tidak tahu? Umumnya judul blog dapat diubah – ubah, dan biasanya judul blog dirancang sejak awal blog tersebut ‘dilahirkan’ ataupun dibuat. Sekedar mengingatkan, dulu saya pernah menulis bagaimana cara ‘membalik’ judul blog, dimana judul blog akan berada di belakang artikel blog tersebut. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menulis judul blog yang benar, dan tentunya dikaji dari sisi SEO.



MENGENAL JUDUL BLOG
Seperti yang saya tulis di atas, semua blogger (bahkan semua pengguna internet) pasti mengetahui judul blog. Judul blog biasanya akan terlihat di title bar, dan biasanya berada dibelakang nama browser yang digunakan untuk membukanya. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini :

bagaimana cara menulis judul blog yang benar, title tag

Yang saya tandai merah itu merupakan judul blog (atau lebih tepatnya judul sebuat website). Judul blog membantu mesin pencari untuk memilah apakah blog tersebut layak untuk ditampilkan atau tidak. Selain itu, judul blog juga dapat mempengaruhi orang yang mencari informasi di mesin pencari, apakah mereka akan membukanya atau tidak.
bagaimana cara menulis judul blog yang benar, title tag

Seperti gambar diatas, terlihat seseorang mencari kata ‘template’, dan terdapat situs dengan judul yang mengandung kata ‘template’. Maka situs tersebut akan kemungkinan besar di klik pencari, karena mengandung kata ‘template’, dan pencari berpikir didalamnya terdapat template yang diinginkan.

MENULIS JUDUL BLOG : TULISLAH UNTUK MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE)
Karena kita sekarang sedang bermain SEO, dalam hal ini judul blog, tulislah judul blog untuk mesin pencari. Namun, jangan hanya menumpukkan kata kunci didalamnya, buatlah judul blog tersebut ‘ramah’ untuk manusia. Ingatlah, seorang pencari akan menentukan apakah blog Anda cocok dengan hasil pencariannya (dan apa yang ia butuhkan) melalui judul blog dan meta tag description blog Anda. Semakin cocok, maka semakin besar peluang blog Anda dibuka oleh pencari, dan tentunya Anda akan mendapatkan pengunjung.
Saat Anda menulis judul blog (ataupun saat Anda berniat mengganti Judul blog Anda), ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :
  1. Yang pertama, panjang judul blog. Panjang judul blog yang baik maksimal 70 karakter, termasuk spasi. Jika terlalu panjang maka judul blog akan terlihat terpotong pada hasil pencarian mesin pencari.
  2. Penempatan kata kunci dalam judul blog. Tempatkan judul postingan Anda paling depan, diikuti kata kunci pertama yang Anda anggap paling penting baru diikuti kata kunci penting kedua, kata kunci penting ketiga, dan seterusnya.
  3. Pemisah judul blog. Gunakan pemisah | (pipe). Jangan gunakan spasi, koma, underscore¸ garis, dan berbagai symbol lainnnya, kecuali kata kunci yang Anda pilih menggunakannya.
  4. Penulisan judul blog. Abaikan kata - kata penghubung, seperti dan, jika, atau, dsb, kecuali kata kunci yang Anda pilih menggunakannya.
  5. Penggunaan merk. Jika Anda menganggap merk bukanlah kata kunci, letakkan merk tersebut sebagai kata kunci terakhir.
  6. Peletakkan nama blog. nama blog diletakkan dibelakang halaman yang sedang dibuka pengunjung. Contohnya, jika pengunjung membuka halaman “Kontak Kami” pada blog dengan nama “SEO Blog”, maka penulisan yang benar akan terlihat seperti ini :
Kontak Kami | SEO Blog
Untuk membuat judul blog Anda menjadi ‘terbalik’ (dimana judul posting terletak didepan nama blog), silahkan lihat Cara Membalik Judul Blog. Sehingga nantinya judul blog Anda (yang terlihat di Title Bar ataupun Search Engine) seperti ini :
Judul Postingan Blog Anda | Nama Blog Anda

PRAKTEK PEMASANGAN JUDUL BLOG YANG BENAR
Oke, kali ini kita akan praktek bagaimana cara memasang judul blog yang benar.

CONTOH PERTAMA
Anggap saja kita akan mengambil kata kunci SEO. Saat Anda mencari artikel mengenai Cara Mengirim Blog Ke Mesin Pencari, mungkin Anda akan mendapati sebuah blog dengan judul seperti ini :
Cara Mengirim Blog ke Mesin Pencari - SEO Blog | Trik SEO | SEO.com
Terlihat pada penulisan judul blog diatas terjadi pengulangan kata kunci yang berlebihan. Dan terlihat juga simbol ““ yang menjadi penghubung. Anda tidak perlu mengulang kata kunci hingga sebanyak itu. Jika Anda memiliki blog dengan penulisan judul blog seperti itu, buatlah judul blog Anda menjadi lebih simple, dengan menghilangkan beberapa kata, dan tentunya mengubah simbol yang digunakan Misalnya diubah menjadi :
Cara Mengirim Blog ke Mesin Pencari | Trik SEO & Blog | SEO.com
Mungkin Anda sekarang bingung, mengapa saya menggunakan karakter “&”. Alasannya cukup mudah. Penggunaan tanda “& akan membuat Google menampilkan blog ini ketika seseorang mencari dengan kata kunci Trik SEO DAN Blog. Kesimpulannya, simbol – simbol tersebut boleh digunakan dalam situasi seperti diatas.

CONTOH KEDUA
Misalkan, Anda penggemar berat IT. Anda ingin mencari video Windows 8 booting screen di internet. Dan saat Anda mencari di Google, Anda menemukan sebuah blog dengan judul blog seperti dibawah ini :
Windows 8 Video | Windows 8 Booting Screen Video | video.com
Kali ini Anda pasti bisa menilainya, apakah judul blog tersebut benar atau salah. Anda dapat mengubahnya menjadi lebih simple, dengan menghilangkan kata Windows 8 Video, karena kata tersebut sudah terdapat dalam Windows 8 Booting Screen Video. Anda juda dapat menghilangkan merk Anda, semisal dalam kasus ini video.com, karena kata video sudah terdapat dalam Windows 8 Booting Screen Video.
Akhirnya, judul blog yang benar (menurut saya) adalah :
Windows 8 Booting Screen Video
Atau
Windows 8 Booting Screen | video.com
Pada contoh pertama, Anda dapat menjadikan judul postingan Anda sebagai judul blog (dalam kasus ini Windows 8 Booting Screen Video) apabila Anda menganggap nama blog Anda tidak memiliki kata kunci (atau Anda memiliki kontet abstrak, tidak menentu isinya)
Intinya, tulislah judul blog Anda sependek mungkin, tetapi jangan lupakan kata kunci yang Anda anggap penting. Selamat mencoba, semoga sukses, dan jangan lupa komentarnya!

Salam Blogger!
KUIS JUDUL BLOG
Dibawah ini terdapat 5 judul blog yang tidak benar. Bisakah Anda membetulkannya? Tulis jawabannya di kotak komentar!
  1. Daftar Laptop Lokal | Laptop | Laptop.com
  2. Cara Membetulkan Komputer | Tips Trik Komputer, Teknisi Komputer, Software Komputer, dll
  3. Bagaimana Cara Menginstall Browser Firefox | Firefox Browser | Browser.com
  4. Artis Barat.com – Justin Bieber Sindir Rambut Pangeran William | Justin Bieber
  5. Musik Asia | Download Lagu Gangnam Style – K-Pop

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

4 komentar:

  1. keren artikelnya om...

    ntar ane praktekin...
    thx ya...


    ane di http://PembiayaanSyariah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Eko.andrianto: oke... Trims kunjungannya :) Nanti saya main kesana... :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. @Extrakuat : Sama - sama... Trims atas kunjungan dan komentarnya... :D

      Hapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs