Sabtu, 25 Mei 2013

Jenis Link dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog


Jenis Link dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog - Ilustrasi link (Klik kanan pada tulisan ini, lalu pilih Reload Image jika gambar tidak terlihat)
Jenis Link dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog – Link merupakan suatu teks yang jika di klik akan mengarahkan pengunjung blog ke suatu laman yang dimaksud/ditautkan. Link memiliki banyak fungsi dalam dunia blog, seperti menghubungkan satu posting dengan posting lainnya, sebagai navigasi blog, dan dapat digunanakan untuk SEO Blog ataupun promosi blog. Kali ini saya akan membahas jenis – jenis link yang dapat mempengaruhi kualitas SEO Blog Anda.

Inilah Jenis Link dan Pengaruhnya Terhadap SEO Blog:

Link Satu Arah (One Way Link) dan Link Dua Arah (Two Way Link). Link satu arah merupakan link yang menautkan satu situs/blog saja (misalnya blog A memiliki link menuju blog C), sedangkan link 2 arah merupakan link yang terjalin bolak – balik / menautkan 2 blog. Misalnya blog A memiliki link menuju blog C, dan blog C memilki link menuju blog A. Dalam dunia blogging, link dua arah paling sering digunakan dalam kegiatan tukar link.
Yang kedua, Link Dofollow dan Nofollow. sesuai dengan namanya, link Dofollow merupakan link yang memerintahkan agar link di-indeks oleh mesin pencari. Sedangkan,link Nofollow merupakan kebalikannya, dimana link Nofollow tidak akan diindeks oleh mesin pencari, namun masih dihitung dan berpengaruh terhadap Alexa Rank. Kebanyakan kotak komentar di Blogger menggunakan atribut Nofollow, sehingga link yang ditempatkan di komentar pengunjung tidak akan diindeks oleh mesin pencari.
Terakhir, Link Masuk (Inbound Link) dan Link Keluar (Outbound Link). Link masuk merupakan link yang menuju ke suatu blog. Misalnya, di blog D terdapat sebuah link yang menuju blog B, maka link tersebut dapat dinyatakan sebagai link masuk ke blog B. Link keluar merupakan lawan dari link masuk, dimana link keluar ini akan membawa pengunjung ke blog/situs lain apabila di klik. Contoh sederhana dari link keluar adalah iklan.
Pengaruh Link Terhadap SEO Blog
Menurut saya, semua link yang menuju blog Anda dapat dikatakan bagus. Anda dapat membuat banyak link untuk meningkatkan pengunjung blog Anda, dan meningkatkan posisi blog Anda di mata mesin pencari. Hanya saja, terdapat  satu jenis link pada blog yang harus dikurangi. Yaitu link keluar (Outbound Link). Link keluar pada blog harus lebih sedikit daripada link masuk (Inbound Link) ke blog Anda. Mengapa? Dengan banyaknya link keluar pada blog Anda, akan menyebabkan Page Rank dan posisi blog Anda menurun di hasil pencarian search engine. Jadi, jangan terlalu banyak pasang iklan di blog Anda. Nanti malah berdampak buruk pada kualitas SEO Blog.
Selamat Ber-SEO Blog, dan Salam Blogger! 

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat menyenangkan... terus berkarya ya :)

    salam blogger!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Riyanto : Salam Blogger juga. Trims atas kunjungan dan komentarnya... :)

      Hapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!