Minggu, 17 November 2013

3 Cara Mudah Agar Posting Blog Cepat di-Indeks Google

blog, blogger, cara agar posting blog cepat diindeks mesin pencari (gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
3 Cara Mudah Agar Posting Blog Cepat di-Indeks Google - Kembali lagi saya membagikan artikel dengan topik SEO. Yup, sesuai denga judulnya, Anda pasti dapat menebak, bahwa saya akan membahas cara mudah agar posting blog cepat terindeks Google. Seperti yang sering dialami oleh blogger, baik blogger professional ataupun ‘ingusan’ (seperti saya...), yaitu artikel/posting sangat lambat diindeks (bahasa kerennya di crawl) oleh mesin pencari, terutama Google.

Kasus ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Biasanya, artikel saya akan diindeks oleh Google beberapa detik setelah di­-post. Namun, beberapa waktu kemudian, kecepatan indeks Google mulai melambat. Mulai dari beberapa detik setelah di-post, menjadi beberapa jam, bahkan beberapa artikel/posting saya 2-3 hari setelah di-post baru diindeks oleh Google. Setelah bertanya kesana kemari (tentunya via Google), saya akhirnya menemukan cara agar posting blog cepat diindeks oleh Google dan kawan – kawannya.

Oke, to the point saja. Berikut ini 3 cara mudah agar posting blog cepat diindeks oleh Google dan kawan – kawannya :

1.     Pertama, Pastikan Blog Anda Diindeks Oleh Google serta Mesin Pencari Lainnya, dan Tidak Terkena Banned. Banyak blogger yang lupa untuk mendaftarkan blognya ke mesin pencari. Percaya atau tidak, blog yang sudah terdaftar di mesin pencari akan diindeks lebih cepat ketimbang blog yang belum terdaftar. Jika Anda belum mendaftarkan blog Anda ke mesin pencari, cobalah untuk mendaftarkannya. Anda dapat menggunakan tools search engine submitter yang terdapat pada blog ini. Oh iya. Tools tersebut tidak dapat mendaftarkan blog Anda ke Bing dan Yahoo. Jika Anda ingin mendaftarkan blog Anda di Bing dan Yahoo, klik disini.
Untuk Anda yang sudah mendaftarkan blog Anda di mesin pencari, cek juga ‘statusnya’, apakah masih terindeks atau malah sudah kena banned. Untuk mengeceknya, silahkan masuk ke Google, dan ketikkan site:[nama blog anda] pada kotak pencarian, lalu tekan Enter. Apabila nama blog Anda terlihat pada hasil pencarian, berarti blog Anda tidak terkena banned.
blog, blogger, 3 cara mudah agar posting blog cepat diindeks mesin pencari (gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
2.     Cobalah Untuk Melakukan Ping pada Artikel/Post, Bukan pada Homepage Blog. Umumnya, saat melakukan proses ping, kita akan memasukkan alamat blog (homepage blog) kita. Cobalah untuk mengganti isian url dengan url posting baru Anda, dan isikan judul post Anda pada kotak isian judul/title. Apabila kecepatan indeks post sudah mulai meningkat, mulailah untuk kembali melakukan ping ‘biasa’. Hal ini bertujuan untuk mencegah mesin pencari menganggap blog kita melakukan kegiatan spamming. Untuk Anda yang belum mengenal ping pada blog, silahkan baca artikel saya tentang Ping dan Cara Melakukannya.
3.     Terakhir, Submit Sitemap Blog Anda Secara Teratur. Anda dapat mencoba untuk mengirimkan sitemap blog Anda dengan frekwensi yang lebih sering, semisal 1 atau 2 hari sekali, dan kurangi menjadi 1 hingga 2 minggu sekali apabila kecepatan indeks sudah mulai meningkat. Untuk mengirim sitemap, gunakan Tools Sitemap Submitter (lebih simple dan mudah) atau via Google Webmaster Tools (agak rumit). 

Jangan lupa untuk membuat artikel berkualitas dan bebas dari Copy Paste. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar, serta share (berikan juga Google +1) artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

2 komentar:

  1. Artikel yg paling sy suka... Maklum newbie tapi pengen jd penguasa blog hehe...

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs