Minggu, 03 Juli 2016

Cara Mengatasi Redirect Blogger (blogspot.com ke blogspot.co.id)

Cara Mengatasi Redirect Blogger (dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id)-Selamat pagi, siang dan malam semuanya... Mungkin sobat blogger pernah mengamati kejadian berikut. Saat Anda masuk ke blog Anda, mendadak url blog berubah menjadi berakhiran .blogspot.co.id. Padahal, Anda sangat yakin bahwa Anda mengetikkan url dengan akhiran .blogspot.com. Ada apa ini?
Itu tandanya Anda sedang diarahkan (redirect) menuju domain negara tempat Anda mengakses blog (Indonesia). 'Fitur' redirect pada blog berbasis Blogger ini akan secara otomatis mengalihkan URL blog sesuai dengan kode Top-Level Domain (TDL) negara asal si pengunjung. Contoh lainnya, pengunjung dari Portugal yang mengakses blog saya akan diarahkan menuju xxpc123xx.blogspot.pt (.pt adalah kode TDL di negara Portugal. Di Indonesia, kode TDL-nya adalah .co.id)
Untuk Blogger yang ingin tahu domain yang sering di-redirect otomatis oleh Blogger antara lain :
India [blogspot.in], Australia [blogspot.com.au], UK (Inggris) [blogspot.co.uk], Jepang, [blogspot.jp], New Zealand (Selandia Baru) [blogspot.co.nz], Canada (Kanada) [blogspot.ca], Jerman [blogspot.de], Italia [blogspot.it], France (Perancis) [blogspot.fr], Sweden (Swedia) [blogspot.se], Spain (Spanyol) [blogspot.com.es], Portugal [blogspot.pt], Brazil [blogspot.com.br], Argentina [blogspot.com.ar], Mexico (Meksiko) [blogspot.mx], dan negara tercinta kita, Indonesia [blogspot.co.id].
Untuk mencegah redirect domain blogspot ini, para blogger dapat menggunakan fungsi NCR. NCR (No Country Redirect) merupakan fungsi yang bertugas mencegah Blogger melakukan redirect dari .blogspot.com menuju blogspot.co.id, atau domain blogspot yang lain.
Mungkin ada yang bertanya, pentingkah penggunaan fitur NCR pada blog? Apa pengaruhnya (terutama pada SEO Blog)?
Menurut saya, jika fitur ini tidak diaktifkan, Google dan mesin pencari lainnya dapat mengindeks kedua blog. Misalnya, blog saya memiliki alamat xxpc123xx.blogspot.com. Saat seseorang mencari artikel di google.com (internasional), blog saya akan tampil dengan alamat xxpc123xx.blogspot.com. Tapi, jika ada yang mencari artikel yang sama di google.co.id (Indonesia), blog saya akan tampil dengan alamat xxpc123xx.blogspot.co.id. Jika artikel yang dicari sama, Google dapat menyangka ada duplikasi konten antara kedua blog. Siap-siap saja salah satu dari kedua blog terkena penalti.
Tapi, analisa diatas masih praduga saya saja. Sejauh ini saya belum pernah mengalami, atau mendapatkan kasus seperti diatas. Jadi, terus terang, fitur ini belum saya aktifkan.
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk memasang fungsi NCR pada Blogger. Diantaranya dengan menggunakan Javascript, atau dengan menggunakan akhiran /ncr pada url.
Cara Pertama : Dengan Menggunakan Javascript
1. Buka Blogger.com, lalu login menuju akun Anda.
2. Masuk ke bagian Template.
3. Backup template blog terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan mengklik tombol Edit HTML.
4. Tekan tombol CTRL+F, lalu cari kode </head>
5. Pastekan kode berikut diatas kode </head>.
<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>
5. Lalu, klik Simpan Template.
Cara Kedua : Dengan Menggunakan Akhiran /ncr
Sobat Blogger dapat menggunakan akhiran /ncr pada url blog untuk mencegah redirect url blog otomatis ini. Berikut ini contoh penggunaanya.
http://xxpc123xx.blogspot.com/ncr
http://xxpc123xx.blogspot.com/ncr/2015/01/.komentar.spam.ciri.dampak.cara.atasinya.html
http://xxpc123xx.blogspot.com/ncr/2014/12/buatpasang.ucapan.terimakasih.dibawah.komentar.html
Intinya sobat Blogger cukup menambahkan akhiran /ncr pada url blog Anda (namablog.blogspot.com/ncr). Tentunya, cara kedua ini rasanya agak merepotkan bila dibandingkan dengan cara pertama. Tapi, jika Anda tidak ingin mengubah template blog, cara ini boleh dicoba.
Bagaimana? Mudah bukan? Sedikit informasi, untuk sobat Blogger yang menggunakan Google AdSense, sebaiknya jangan menggunakan kode ini, karena Google AdSense dapat memblokir akun Anda. Terima kasih, selamat mencoba dan salam Blogger! Tolong pula di share apabila bermanfaat!
Artikel ini diposting dengan menggunakan aplikasi Blogger for Android, sehingga mungkin beberapa bagian terlihat kurang rapi. Penulis mohon maaf atas ketidanyamanannya. Blogger for Android akan saya bahas di posting berikutnya, mulai dari cara menggunakannya, sampai kekurangan dan kelebihannya.

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

1 komentar:

  1. This article is relevant for me now. It helped me much. Look throgh the paper writers Thanks.

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!