Minggu, 30 November 2014

Cara Mengetahui Versi Jquery Pada Blog (Blogger)

Cara mengetahui / mengecek versi Jquery pada blog – Sobat Blogger mungkin pernah mendengar Jquery? Jquery adalah library (kumpulan) JavaScript dengan slogan “write less, do more”. Fungsi dari Jquery ini sendiri adalah untuk mempersingkat (menyerderhanakan) penulisan kode JavaScript. Misalnya, dalam sebuah script widget tanpa Jquery, bisa tersusun atas 4-5 baris script, sedangkan jika menggunakan Jquery, kemungkinan script widget tersebut dapat dipotong menjadi hanya 1-2 baris script JavaScript. Tentunya, semakin sedikit script, akan berdampak pula pada kecepatan loading blog. Sebenarnya, selain Jquery, masih ada library lain, seperti midori, YUI Library, dan lain sebagainya. Namun, Jquery memiliki keunggulan tersendiri, yaitu cepat, dan terkenal, sehingga lebih mudah digunakan. Contoh widget yang menggunakan Jquery dapat Anda lihat disini.

Google dan Microsoft adalah 2 dari sekian banyak website di internet yang menggunakan Jquery. Blogger juga dapat menggunakan Jquery. Ada banyak versi Jquery yang beredar. Biasanya, semakin baru versi Jquery, semakin baik kemampuannya. Jika Anda ingin mengetahui versi Jquery di blog Anda, caranya cukup mudah. Ikuti beberapa langkah berikut :

1.     Buka blog Anda di Blogger.com, lalu masuk ke Template.
2.     Pada menu Template, klik pilihan Edit HTML.
3.     Tekan CTRL + F untuk mencari kode url berikut :
http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery
Jika Anda menemukan kode pada langkah nomor 3, perhatikan angka yang ada setelahnya. Angka tersebut menunjukkan versi Jquery yang terpasang di blog Anda. Misalnya, pada template blog saya seperti gambar berikut :

 cara mengecek / mengetahui versi jquery blog, blogger, tips trik seo

Lihat pada bagian yang dikotaki merah. Berarti, dapat disimpulkan, bahwa blog saya menggunakan Jquery versi 1.8.3. Jika Anda tidak menemukan URL diatas, berarti blog Anda belum menggunakan Jquery.

Bagaimana, mudah bukan cara mengetahui versi jquery? Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, tolong share dengan menggunakan share tools yang ada. Selamat mencoba, dan salam Blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs