Sabtu, 21 Desember 2013

Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog


Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog - Ilustrasi Compress Image (Gambar tak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog – Hampir setiap kali membuat posting blog, kita akan menambahkan paling tidak sebuah gambar didalamnya. Gambar dapat membuat posting terlihat lebih menarik, disamping juga dapat menarik datangnya pengunjung dari gambar yang muncul pada Google Gambar. Tapi sayangnya, terlalu banyak gambar pada sebuah posting blog justru dapat memperlambat loading blog itu sendiri. Ujung – ujungnya, pengunjung blog berpeluang kabur sebelum seluruh konten dalam posting selesai dimuat. Dan ini akan berimbas pada peningkatan bounce rate blog. Tuing… hehehe… Dan tentunya ini tidak baik bagi SEO blog bukan? Jalan keluarnya? Coba compress gambar di blog Anda.
Compress disini berarti memperkecil ukuran gambar yang akan digunakan dalam sebuah posting. Gambar dapat diperkecil ukurannya dengan mengurangi resolusi atau kualitasnya. Terdapat banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk men-compress gambar di blog Anda. Ada aplikasi image compressor yang bernama Caesium. Caesium memiliki kemampuan compress gambar yang cukup bagus. Ada banyak opsi yang dapat Anda gunakan untuk memperkecil ukuran gambar di blog, semisal mengurangi kualitas gambar, mengubah format gambar atau mengganti resolusinya. Namun, ukuran aplikasi ini lumanyan besar. Installernya berukuran sekitar 21 mb. Untuk Anda yang tertarik menggunakannya, silahkan download disini.

Selain Caesium, terdapat sebuah tools dalam Microsoft Office (untuk Anda yang menggunakan Microsoft Office) yang dapat digunakan untuk meng-compress gambar di blog. Nama toolsnya adalah Microsoft Office Picture Manager. Tools ini akan secara default otomatis ter-install saat Anda menginstall suite Microsoft Office. Program ini memiliki fitur yang cukup sederhana dan lebih mudah dimengerti ketimbang Adobe Photoshop, serta tentunya ringan.

Oke, seperti biasa, to the point. Berikut ini cara menggunakan Microsoft Office Picture Manager untuk memperkecil ukuran gambar di blog Anda.
1.     Pertama, siapkan gambar yang akan di-compress. Jika dirasa perlu, buat sebuah backup dari gambar tersebut.
2.     Klik kanan gambar tersebut, dan pilih Open With, dan pilih Microsoft Office Picture Manager (lihat gambar dibawah). Oh, iya, sebagai pembanding, perhatikan juga ukuran gambar dibawah. Terlihat disana ukurannya 1,6 MB.
Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog - Langkah kedua (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image')
3.     Klik tombol Edit Pictures pada toolbar formatting (lihat gambar dibawah untuk mempermudah).
Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog - Langkah ketiga (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
4.     Klik link Compress Pictures (pada menu Change picture size).
Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog - Langkah keempat untuk mengompress gambar di blog (Gambar tak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
5.     Pada pilihan Compress pictures settings, pilih pilihan Web pages, lalu klik OK.
Cara Compress Gambar untuk Percepat Loading Blog - Langkah kelima (Gambar tak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')
6.     Terakhir, simpan perubahan yang telah dilakukan dengan mengklik tombol Save (icon disket terbalik).
Kini bandingkan ukuran gambar Anda, sebelum di-compress dan setelah di-compress. Sebagai perbandingan, gambar yang tadinya berukuran 1.6 MB bisa di-compress menjadi 39 KB saja. Selamat mencoba mengompress gambar untuk mempercepat loading blog. Share artikel ini jika bermanfaat (tolong berikan Google +), terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

1 komentar:

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!