Rabu, 25 Desember 2013

Cara Membuat Menu Bar di Blog (V2)


Cara Membuat Menu Bar di Blog (V2) - Ilustrasi Menu Bar (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!'


Cara membuat menu bar di blog (V2) – Sebelum melanjutkan menulis, saya ingin mengucapkan selamat Natal bagi Anda yang merayakannya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat membagikan tips mengenai cara mudah memasang atau membuat menu bar di blog. Dimana, menu bar tersebut dapat Anda buat dan pasang di blog Anda tanpa perlu melakukan edit HTML. Namun, menu bar tersebut memiliki kelemahan. Dimana, menu bar tersebut tidak dapat ditambahkan sub menu (anak menu). Jika Anda tidak mengetahui apa itu sub menu, silahkan lihat gambar dibawah :
Cara Membuat Menu Bar di Blog (V2) - Preview Menu Bar V2 di Blog (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')

Dari screenshot diatas, terlihat menu Lainnya… memiliki 3 sub menu, yaitu Tukar Link, Sitemap dan About Me. Nah, dalam tutorial kali ini, saya akan membahas cara memasang menu bar seperti menu bar pada gambar screenshot diatas. Jika Anda ingin melakuan migrasi dari menu bar terdahulu, silahkan lihat posting sebelumnya untuk mengetahui bagian mana saja yang dihapus.
Oke, seperti biasa, to the point. Berikut ini cara membuat atau memasang menu bar V2 di blog :

1.     Pertama, buka Blogger, dan langsung masuk ke menu Template.
2.     Backup template blog Anda, dan klik tombol Edit HTML.
3.     Cari kode ]]></b:skin> (seperti biasa, gunakan tombol sakti CTRL + F), dan pastekan kode berikut tepat Diatas/sebelumnya.
#navbarmenu{width:auto; float:left; font-size:12px; background:#fff; font-weight:bold; margin:0 auto; padding:0 auto} #nav{margin:0; padding:0} #nav ul{float:left; list-style:none; margin:0; padding:0} #nav li{list-style:none; margin:0; padding:0; background:none} #nav li a, #nav li a:link, #nav li a:visited{color:#000000; display:block; font-weight:normal; text-transform:normal; margin:0; padding:5px 15px 5px} #nav li a:hover{background:#99FF00; color:#FFF; margin:0; -moz-border-radius:8px; padding:5px 15px 5px; text-decoration:none} #nav li li a, #nav li li a:link, #nav li li a:visited{background:#FFF; -moz-border-radius:8px; width:150px; color:#00000; font-weight:normal; text-transform:normal; float:none; margin:0; padding:5px 10px 5px 15px; border-bottom:1px solid #fff; border-left:1px solid #fff; border-right:1px solid #fff} #nav li li a:hover{background: #99ff00; color:#FFF; padding:5px 10px 5px 15px} #nav li{float:left; padding:0} #nav li ul{z-index:9999; position:absolute; left:-999em; height:auto; width:170px; margin:0; padding:0} #nav li ul a{width:140px} #nav li ul ul{margin:-25px 0 0 171px} #nav li:hover ul ul, #nav li:hover ul ul ul, #nav li.sfhover ul ul, #nav li.sfhover ul ul ul{left:-999em} #nav li:hover ul, #nav li li:hover ul, #nav li li li:hover ul, #nav li.sfhover ul, #nav li li.sfhover ul, #nav li li li.sfhover ul{left:auto} #nav li:hover, #nav li.sfhover{position:static}
Catatan :
Jika Anda ingin melakukan kustomisasi, Anda dapat mengubah warna latar menubar. Caranya, ganti tulisan #fff dengan kode warna lainnya. Lihat pada HEX Color Generator untuk mengubah warna kesukaan Anda menjadi kode HTML, sehingga Anda dapat menggunakannya pada menu bar ini.
4.     Klik Simpan template.
5.     Selesai? Hampir. Sekarang, masuk ke bagian Tata Letak, dan pilih Tambahkan Gadget pada header atas (dibawah [Judul Blog Anda] Header).
6.     Cari dan pilih HTML/Javascript.
7.     Pastekan kode berikut (kosongkan isian Judul).
<div id='menu'>
<div id='menu-wrap'>
<div id='navbarmenu'>
<ul id='nav'>
<li><a href=‘http://xxpc123xx.blogspot.com’>Home</a></li>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/tips%20trik%20blogging'>Tips Trik Blogging</a></li>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/desain'>Desain</a></li>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/Blog%20Tools'>Blog Tools</a></li>
<li><a href=‘http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/SEO’>SEO</a></li>
<li><a href=‘#’>Lainnya ...</a>
<ul>
<li><a href=‘http://xxpc123xx.blogspot.com/p/blog-page.html>Tukar Link</a></li>
<li><a href=‘http://xxpc123xx.blogspot.com/p/sitemap_18.html’>Sitemap</a></li>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/p/blog-page_1.html'>About Me</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href='http://www.facebook.com/tipsseoblogpc123'>Fanspage</a></li>
<li><a href='http://www.twitter.com/blog_ananda'>Twitter</a></li>
</ul>
Keterangan :
Tulisan yang berwarna merah merupakan url yang akan dituju apabila menu bar diklik. Ganti dengan url yang diinginkan, semisal url menuju fanpage, link menuju suatu posting, dll.
Tulisan yang berwarna ungu merupakan tulisan yang ditampilkan pada menu bar. Gantilah sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Home untuk menu bar yang jika di-klik akan membawa pengunjung blog menuju homepage blog.
Anda juga dapat menambahkan menu baru. Caranya, tambahkan <li><a href=‘url-anda’>Judul Menu</a></li> diatas </ul>.
8.     Terakhir, klik Simpan.
Buka blog Anda untuk melihat previewnya.
Tips Tambahan : Membuat Sub Menu pada Menu Bar.
Jika Anda ingin menambah atau membuat sebuah sub menu pada sebuah menu, coba perhatikan contoh berikut. Secara default, kode menu bar pada langkah nomor 7 akan memiliki 3 buah sub menu. Perhatikan gambar dibawah:
Cara Membuat Menu Bar di Blog (V2) - Preview Menu Bar dengan Sub Menu (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')

Nah, seandainya saya ingin membuat sub menu pada menu Blog Tools, dimana saya menginginkan sub menunya berisi  menu HTML Parser dan HEX Color Generator, bagaimana caranya? Perhatikan screenshot preview menu bar yang telah saya ubah berikut:
Cara Membuat Menu Bar di Blog (V2) - Contoh penambahan sub menu lainnya. (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, dan pilih 'Reload Image!')


Terlihat pada menu Blog Tools akan memiliki sub menu HEX Color Generator dan HTML Parser. Caranya? Perhatikan sekali lagi kode HTML menu bar diatas (terutama untuk baris yang saya beri stabilo oranye, nomor 7). Pada kode pertama, kodenya hanya :
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/Blog%20Tools'>Blog Tools</a></li>
Kemudian, saya menekan enter, sehingga kode </li> terakhir berpindah ke baris selanjutnya. Lalu saya menambahkan kode <ul> diatas kode </li>, dan mulai membuat sub menu dari menu Blog Tools tersebut. Sebagai penutup, saya menambahkan kode </ul> diatas kode </li>. Sehingga kodenya akan menjadi :

<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/search/label/Blog%20Tools'>Blog Tools</a>
<ul>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/2013/12/html-parser-tool-untuk-parse.html'>HTML Parser</a></li>
<li><a href='http://xxpc123xx.blogspot.com/2013/01/hex-color-generator-for-blog.html'>HEX Color Generator</a></li>
</ul>
</li>

Kode yang saya tebalkan merupakan kode penutup. Intinya, pindahkan </li> dan buat kode <ul> dan </ul> diatasnya, lalu sisipkan kode <li><a href='http://url-anda'>Judul Menu</a></li> diantara keduanya (kode <ul> dan </ul>). Memang terasa agak susah, tetapi percayalah, saya yakin Anda pasti akan mengerti dan bisa melakukannya.
Selamat mencoba! Jika pemasangan menu bar ini terasa membuat loading blog Anda menjadi lambat, coba compress kode nomor 3 dengan tool CSS Compressor. Atau, jika masih terasa lambat, coba ganti menu bar Anda dengan menu bar yang pernah saya bahas sebelumnya. Tolong berikan artikel ini Google +, dan tolong share artikel ini. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

14 komentar:

  1. Mas.. gua Kog Gak Ada Kode ]]> Tolong Ini Gimana??

    Kalo Cara Ngubah Template Gimana Mass.. Kayak Mass Ini Kan Putih

    InFo-warna-warni.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. gan kok kenapa ane pas bikin sub menu, ko bukanya malah sub menu yg jadi malah ini mh sub menunya ada dibawah

    mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
  4. kok kode yang dicari tidak ada di template saya ? apa karena template yg saya gunakan?

    BalasHapus
  5. kok punya saya double ya sub menu nya hehe

    BalasHapus
  6. keren gan artikelnya.. bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  7. kok kode yang dicari tidak ada di template saya ?mohon dibalas ya

    BalasHapus
  8. sangat membantu cuma saya blum bisa edit size menubarnya trims....kunbalnya saya tunggu gan disini
    http://kepohgede.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. kereeeeeeeen :D
    visit yaaa theinspiringlb.blogspot.com

    BalasHapus
  10. kok di saya gagal yah, apa terganutung temanya yah

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs