Senin, 29 Juli 2013

Mengenal Social Bookmarking (Plus Contohnya!)

Mengenal social bookmarking, tempat para blogger berburu backlink 

Mengenal Social Bookmarking (Plus Contohnya) – Anda belum akrab dengan Social Bookmarking? Tak apa. Saya juga mengalaminya kala baru mengawali ‘karir’ blogger saya. Saya yakin, Anda pasti sering mendengar kata bookmark. Bookmark merupakan fasilitas yang disediakan oleh browser untuk menyimpan alamat situs favorit. Biasanya dilakukan dengan mengklik tombol/menu Favorites (Internet Explorer) atau Bookmarks (Mozilla Firefox). Tentu saja, kata bookmark ini akan memiliki arti yang berbeda jika ditambahkan awalan ‘Social’ dan akhiran ‘-ing’.
Social bookmarking merupakan suatu fasilitas bookmark yang tersedia di Internet. Dengan layanan social bookmarking ini, Anda dapat menyimpan alamat blog ataupun artikel favorit Anda di internet, serta mengaksesnya dari mana saja (dengan syarat adanya koneksi internet). Selain menyimpan, Anda juga dapat membagikan alamat blog/artikel tersebut kepada pengguna Internet lainnya.
Nah, lalu apa keuntungan social bookmarking jika dibandingkan dengan bookmark konvensional?
1.   Dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan dengan perangkat apapun. Karena sifatnya yang online, jadi dapat diakses dari mana saja. Berbeda dengan bookmark konvensional, dimana alamat blog/situs yang di-bookmark hanya terdapat pada komputer tempat melakukan bookmark.
2.   Aman dan tidak mungkin hilang. Andaikan Anda mem-bookmark sebuah blog/situs yang berisi bahan skripsi Anda. Lalu, saat Anda membutuhkannya, computer Anda rusak, dan tentu saja Anda kehilangan alamat situs/blog penting yang telah Anda bookmark. Tentu hal ini tidak akan terjadi apabila Anda membookmark alamat situs/blog penting tersebut di social bookmarking. Alamat situs/blog yang Anda bookmark di social bookmarking  akan hilang apabila Anda menghapusnya.
3.   Mendatangkan backlink dan visitor. Bagian inilah yang sering diincar oleh para Blogger. Dengan membagikan alamat (link) artikel blog Anda ke social bookmarking, berarti Anda membuka peluang pengguna social bookmarking lain untuk mengunjungi blog Anda. Selain itu, semakin banyak Anda membookmark artikel di social bookmarking, semakin banyak backlink ke blog yang Anda peroleh.

Adakah alasan lain mengapa Anda menggunakan social bookmarking?
Jika sudah paham, sekarang saatnya Anda praktek, mengirim (bookmark) artikel blog Anda di social bookmarking. Untuk Anda yang masih bingung memulai dari mana, berikut ini saya pilihkan 5 situs social bookmarking dengan bahasa pengantar Indonesia dan Inggris yang sekiranya cocok dengan tema blog Anda.
Daftar Social Bookmarking Indonesia :
1.     http://www.lintas.me
2.     http://www.infogue.com
3.     http://www.okenesia.com
4.     http://www.bookmarkindonesia.com
5.     http://sumbawanews.com/situsku
Daftar Social Bookmarking Inggris (Asing) :
1.     http://technorati.com
2.     http://delicious.com
3.     http://www.stumbleupon.com
4.     http://www.reddit.com
5.     http://www.furl.com
Sedikit trik agar artikel Anda di-klik oleh pengguna social bookmarking lain. Buatlah sebuah artikel yang unik, sesuai dengan tema blog Anda, namun jarang ada, atau terkesan baru. Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk mengklik tombol Google + dibawah posting ini. Terima kasih, dan salam blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!