Kamis, 25 Juli 2013

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Komentar di Blog

Cara mudah dan jitu meningkatkan jumlah komentar di blog

Cara Mudah Meningkatkan Jumlah Komentar di Blog – Dulu, saat pertama kali mengenal dunia blogging, saya lebih mementingkan komentar daripada traffic. Saat menemukan satu atau dua komentar di blog, rasanya sangat menyenangkan. Mengingat blog juga berfungsi sebagai social media, maka keberadaan kotak komentar sangat berguna untuk menciptakan interaksi antara pengunjung blog dengan sang blogger. Oleh karena itu, jangan sekali – sekali mencoba untuk menutup kotak komentar di blog Anda, karena sangat fatal akibatnya.

Nah, untuk Anda (terutama blogger pemula), yang ingin blognya dibanjiri komentar, ada baiknya untuk mencoba beberapa tips meningkatkan jumlah komentar di blog, yang telah sukses saya praktekkan. Berikut ini tipsnya :

1.    Ajak atau minta pengunjung blog Anda untuk berkomentar. Pepatah lama mengatakan, mintalah apa yang diinginkan. Oleh karena itu, usahakan untuk mengajak atau meminta pengunjung untuk meninggalkan komentar di blog Anda. Cara memintanya cukup mudah. Anda dapat menyisipkan kalimat permintaan tersebut di kotak permalink, atau dibagian akhir posting blog.
2.    Permudah cara berkomentar. Pengunjung tentu malas berkomentar apabila harus login dahulu ke situs tertentu hanya untuk menulis komentar. Permudah cara mereka berkomentar. Hapus chapta dan kewajiban login yang harus mereka lakukan. Untuk mencegah komentar spam, gunakan fasilitas moderasi komentar di Blogger.
3.    Usahakan untuk membalas komentar mereka. Mereka (pengunjung blog) tentu memiliki tujuan, sehingga akhirnya mereka berkomentar di blog Anda. Usahakan untuk membalas komentar di blog Anda, walaupun mereka hanya meninggalkan kata ‘Terima Kasih’ atau ‘Mantap gan!’.
4.    Balas komentar mereka dengan sopan. Sopan disini bukan berarti menggunakan bahasa EYD. Gunakan bahasa yang sopan namun ringan dan mudah dimengerti, sehingga akan mengundang pengunjung lain untuk ikut berkomentar.
5.    Sebut nama mereka saat membalas komentar. Jangan menggunakan nama pengganti (Gan, Sob, dsb). Sebut nama mereka dengan lengkap dan benar. Pengunjung yang meninggalkan komentar tentu sangat senang apabila Anda menyebut namanya dalam komentar balasan.
6.    Berkomentarlah ke blog lain. Terkadang, dengan berkomentar di blog lain (apalagi blog baru), akan memancing rasa penasaran sang pemilik blog. Blogger baru umumnya akan senang melihat ada komentar baru di blog mereka, dan peluang mereka membuka serta balik berkomentar di blog Anda akan semakin besar.

Ada yang punya cara lain? Senang sekali apabila saya boleh mendengarkannya.
Salam blogger, dan tolong klik tombol Google +1 dibawah. Terima kasih!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

3 komentar:

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs