Senin, 01 Juli 2013

6 Kriteria Blog Yang Baik

Sudahkah blog Anda jempolan? (Gambar tidak terlihat? Klik kanan tulisan ini, lalu pilih 'Reload Image')
6 Kriteria Blog Yang Baik - Sebenarnya penilaian sebuah blog itu baik atau tidak tergantung kepada pegunjungnya. Mungkin ada pengunjung yang berpikir bahwa blog Tips SEO + Blog - PC 123 ini bagus, sehingga ia akan selalu mengikuti perkembangan serta update artikel terbarunya. Ada juga pengunjung blog Tips SEO + Blog - PC 123 yang sekedar 'numpang lewat', entah sekedar meninggalkan link ataupun hanya mencari artikel yang diperlukannya, lalu bergegas pergi. Mudah - mudahan, Anda yang sedang membaca artikel ini termasuk jenis pengunjung yang pertama. Jika iya, saya ucapkan terima kasih.


Terlepas dari kualitas SEO blog, sudahkah blog Anda memenuhi kriteria blog yang baik dibawah ini?
1.      Memiliki Jadwal Update Artikel yang Teratur - Sudahkah Anda mengupdate artikel Anda dengan frekwensi yang teratur? Entah apa yang topik blog Anda, usahakan untuk mengupdate blog Anda secara teratur. Akan lebih baik lagi apabila Anda dapat mengupdate blog Anda setiap hari. Panjang atau pendek atikelnya, bukanlah masalah. Blog biasa - biasa dengan frekwensi update yang sering dan teratur (walaupun artikel yang di-post pada setiap updatenya pendek), akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan blog bagus, namun artikelnya hanya itu - itu saja. Tentu pengunjung blog Anda menginginkan blog yang selalu terupdate, fresh dan baru bukan?
2.      Isi yang menarik - Buatlah artikel blog yang menarik. Memang, menarik atau tidak itu subjektif. Tergantung orangnya. Tapi, jangan terpengaruh dengan perkataan orang. Dalam membuat blog, pilih tema/topik yang menarik - tentu saja menurut Anda. Selain itu, buat juga artikel yang isinya menarik. Agar artikel tesebut menarik, mungkin Anda dapat membuat artikel yang unik, lucu, aneh, atau malah kontroversial.
3.      Artikel yang Original – Ini juga dapat dijadikan kriteria, apakah sebuah blog dapat dikatakan bagus atau tidak. Blog yang banyak berisi artikel bajakan dari blog lain menunjukkan bahwa pemilik blog tersebut tidak bertanggung jawab terhadap blog yang ia miliki.
4.      Desain Blog yang Menarik – Walaupun menjadi salah satu kunci utama, tak usah berpikir untuk membuat desain blog yang terlalu wah dan malah membuat waktu loading blog menjadi lambat. Dalam mendesain blog, buatlah desain yang sederhana, namun menarik dan kaya akan fitur – fitur yang diperlukan oleh pengunjung.
5.      Memiliki Fitur/Widget yang Bermanfaat – Setiap blog yang baik harusnya memiliki widget ataupun fitur yang bermanfaat. Semisal sharing tools, kotak komentar, buku tamu dan sebagainya. Tak usah berpikir memasang widget yang wah, dan justru akan menyebabkan blog menjadi lambat. Cukup pasang widget yang sederhana namun menarik.
6.      Tidak Memiliki Iklan yang Mengganggu – Terkadang ada blog yang menampilkan iklan pop up, iklan melayang dan iklan Flash, yang membuat kesal para pengunjung. Usahakan, dalam menempatkan iklan, pilihlah posisi yang tidak menggaggu artikel ataupun menu navigasi blog. Selain itu, dengan banyaknya iklan pada sebuah blog dapat membuat mesin pencari mem-banned blog tersebut karena dianggap spamming.
Itulah 6 kriteria yang umumnya saya gunakan untuk menilai sebuah blog. Tak ada salahnya untuk mengevaluasi blog Anda. Siapa tahu, karena Anda menyepelekan beberapa faktor diatas, blog Anda menjadi sepi pengunjung.
Salam Blogger! Jangan lupa untuk mengklik tombol Google +1 dibawah. Terima Kasih!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

5 komentar:

  1. setuju bro,,, karena sy masih blogger baru masih perlu banyak belajar dari para blogger senior... trims infonya
    salam

    BalasHapus
  2. Memang benar yang disebutkan di atas, tapi ada juga yang harus diperhatikan penulisan sumber referensi karena itu sangat penting agar dikatakan profesional alias dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    BalasHapus
  3. Wah ternyata hari ini nambah lagi ilmu baru untuk saya adopsi kepada blog baru. Sebagai pemula tentu banyak kekurangan disana-sini dan memerlukan perbaikan. Terimakasih atas ilmunya. Salam Blogger

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs