Senin, 31 Desember 2012

5 Tips Mudah Meningkatkan Pengunjung Blog


5 tips mudah meningkatkan pengunjung blog, seo & tips blog
5 Tips Mudah Meningkatkan Pengunjung Blog – Pengunjung, blogger mana yang tidak menginginkannya? Hampir semua blogger (termasuk saya dan Anda) pasti menginginkan banyak pengunjung yang mengunjungi blog Anda. Entah pengunjung tersebut berasal dari mesin pencari, link yang Anda pasangkan di Twitter ataupun Facebook, ataupun sekedar pengunjung baru yang merupakan teman dekat Anda. Yang pasti, terdapat seseorang yang selalu setia mengikuti update blog Anda, hampir setiap hari. Penasaran, siapa yang selalu menjadi pembaca setia blog Anda? Tentunya Anda, sang pencipta blog tersebut.

Jika Anda merasa sudah saatnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda, silahkan Anda mencoba beberapa tips dibawah ini. Sebenarnya tips ini ditujukan untuk para blogger baru, namun tak masalah apabila Anda adalah seorang blogger yang telah lama menggeluti dunia blogging, dan juga ingin meningkatkan pengunjung blog Anda.
Sedikit saran,cobalah untuk melakukan tips ini dari awal hingga akhir karena tips ini dibuat secara bertingkat, mulai dari hal – hal yang kecil dan sepele, lalu terus meningkat menjadi hal – hal yang lebih tinggi dan spesifik. Saya juga sedang mencoba tips meningkatkan pengunjung blog ini, dan mudah – mudahan berhasil. Dan ingatlah, untuk mendapatkan pengunjung blog yang setia, berkualitas dan banyak membutuhkan perjuangan, ketekunan, kesabaran dan tentunya waktu yang tidak sebentar. Selamat membaca!
1.   Yang pertama, pilihlah nama domain (alamat blog) yang benar. Benar disini bukan berarti hanya mengandung kata kunci yang dipilih, namun juga harus mudah diingat (dan jika perlu harus unik). Alasannya, semakin mudah alamat blog diingat dan ditulis, akan memudahkan penyebarannya melalui dunia offline (dari mulut ke mulut). Dan tentu saja, nama blog akan lebih mudah diingat. Gunakan juga domain .com, karena rata – rata orang Indonesia akan teringat .com (dot com) begitu mendengar kata blog ataupun Internet  Saat akan membuat blog di Blogger, ataupun saat Sign Up di Wordpress, pikirkan baik – baik alamat blog Anda.
2.   Tulislah artikel pilar di blog Anda sebanyak mungkin. Artikel pilar merupakan artikel yang panjang, biasanya diatas 500 kata, umumnya memuat tips trik yang tak pernah lekang dimakan waktu. Usahakan untuk membuat banyak artikel pilar, karena artikel pilar dapat mendatangkan banyak pengunjung blog Anda. Seiring berjalannya waktu, artikel pilar inilah yang akan menarik banyak pengunjung. Coba juga untuk membuat artikel pilar yang unik, jarang ada ataupun memang betul – betul baru. Artikel pilar tersebut dapat memberikan nilai tambah yang lebih untuk blog Anda.
3.   Coba untuk menulis 1 posting baru setiap hari. Jika Anda termasuk baru dalam dunia blogging, usahakan  untuk menulis minimal 1 artikel setiap harinya. Tidak harus artikel pilar, yang penting berkaitan dengan topik blog Anda. Hal ini dimaksudkan untuk mempertahankan pengunjung blog Anda, dan tentunya membuat mereka tidak bosan. Lakukan ini hingga Anda merasa pengunjung blog Anda sudah cukup banyak, dan pengunjung blog Anda akan maklum apabila Anda mulai mengurangi frekwensi meng-update blog Anda. Tetapi, tetaplah mengupdate blog Anda secara teratur, misalnya 1 minggu sekali.
4.   Lakukan blogwalking. Blogwalking merupakan kegiatan meninggalkan komentar beserta link menuju blog Anda untuk mencari backlink  (link balik). Tujuannya, tentu saja untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Saat melakukan blogwalking, usakahan untuk mencari blog yang memiliki tema yang sama. Tapi, jangan terlalu banyak melakukan aktivitas blogwalking ini, karena kemungkinan besar akan dianggap sebagai spamming oleh mesin pencari. Mungkin hanya 5 – 10 blog perharinya.
5.   Mintalah para pengunjung blog Anda untuk berkomentar. Komentar dapat dijadikan panduan banyak tidaknya pengunjung suatu blog. Biasanya, 1 komentar pada sebuah posting dapat memancing orang lain untuk berkomentar. Anda dapat meningkatkan komentar dengan memberikan pertanyaan, atau langsung memintanya di akhir artikel blog Anda.
Bagaimana, sudah siap untuk mendatangkan jumlah pengunjung blog Anda? Atau, masih ada hal – hal yang kurang dari 5 poin bagaimana meningkatkan pengunjung blog diatas? Ada yang ingin menambahkan?
Selamat mencoba, salam Blogger!

Suka Artikel Ini? Yang Share Dapat Pahala Lho... Trims!

11 komentar:

  1. bener banget nih.. kalo sekarang saya sedang melakukan cara yg ke 4.. blogwalking kawan hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Digital Areas : sekalian nyari backlink. trims komentarnya! :)

      Hapus
  2. bagus nih sob sharingnya ..
    lain waktu kunjungi blog saya ya Http://richoadi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Richo Adi: sama - sama.. Trims commentnya... :)

      Hapus
  3. apa dijamin langsung banyak nih gann ??

    -->> JUDUL SKRIPSI, TESIS, DISERTASI <<--

    Yang sedang bingung dengan judul SKripsi, Tesis, Disertasi
    mampir aja kesini... banyak dan lengkap dengan abstrak, artikel dan semua BAB

    http://mulok.library.um.ac.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Perpus UM : Tidak ada jaminan dalam SEO di Internet. Semua kemungkinan dapat terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya kita bersabar dalam usaha mendatangkan traffik ke blog kita... :)

      Trims komentarnya... :)

      Hapus
  4. Yang update sehari sekali kadang gimana gitu kalo lagi gak punya ide buat nulis artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. @iniblogspot.com : Agar tidak kehabisan ide, silahkan follow beberapa blog yang topiknya sama dengan blog Anda. Lalu, ambil intisari postingan di blog tersebut, dan ketik ulang artikel tersebut, dengan kata - kata yang berbeda, namun intinya masih sama dengan postingan sumber... :) Trik ini sering saya lakukan apabila saya kehabisan ide...
      Trims atas kunjungan dan komentarnya... :)

      Hapus
  5. @Riska Aulia : Sama sama & salam kenal juga... Trims atas kunjungan dan komentarnya... :)

    BalasHapus
  6. Terimakasih gan, buat trik-triknya. Sekarang juga lagi blogwalking, karna kalo uppdate postingan baru setiap hari, gak ada ide buat nulis artikelnya gan. Ada tipsnya gak ?
    Visitback gan : tupangboy.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Berkunjung yuk blogger penderita mielitis transversa: pitherpung.blogspot.com
    Majasih..

    BalasHapus

Kurang mengerti dengan artikel diatas, ingin menanyakan sesuatu yang kurang jelas atau ingin meninggalkan jejak? Silakan gunakan Kotak Komentar!. Jika Anda ingin meletakkan kode HTML pada kotak komentar, gunakan tools HTML Parser But, remember! Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan, tanpa iklan, spam politik, porno, dan hal - hal negatif lainnya. Terima kasih!

Internet Blogs